Belum Ada Anggota DPRD Ajukan Cuti Kampanye

Madiun, koranmemo.com-Hingga Jumat (9/3),  tercatat belum ada anggota DPRD Kabupaten Madiun yang mengajukan izin cuti untuk mengikuti kampanye pasangan calon bupati dan wakil bupati Madiun pada Pilkada 2018.

Hal itu terungkap dari belum adanya pengajuan cuti  Sekretariat DPRD Kabupaten Madiun. ‘’Belum ada yang mengajukan cuti,’’ jelas Sekretaris DPRD Kabupaten Madiun M Hadi Sutikno.

Dijelaskan, sesuai Peraturan DPRD Kabupaten Madiun tahun 28 Tahun 2014 tentang Tata Tertib DPRD Kabupaten Madiun, pengajuan cuti mengikuti kampanye diluar tanggungan negara diberikan kepada pimpinan DPRD.

‘’Jika ada yang mengajukan, akan kami berikan tembusannya kepada Panwaslu (panitua pengawas pemilu) dan KPU (Komisi pemilihan umum),’’ katanya.

Ditambahkan, proses pengajuan izin cuti itu sangatlah mudah dan cepat. Dalam sehari sudah diterbitkan. Jika pada PKPU 4/2017, surat izin cuti itu disampaikan tiga hari sebelum pelaksanaan kampanye, bukan perkara sulit untuk melakukannya.

Diketahui, temuan Panwaslu setempat, ada enam wakil rakyat disinyalir menghadiri kampanye pasangan calon bupati dan wakil bupati tanpa mengajukan izin cuti. Yakni, Ristu Nugroho (PDIP), Hari Puryadi (Demokrat), Budiono (PDIP), Rudi Triswahono (PDIP), Guntur Setyono (Gerindra)  dan Muhammad Arifin (PPP).  Keenam wakil rakyat itu oleh Panwaslu dianggap menyalahi aturan PKPU 4/2017.

Reporter: Juremi

Editor: Achmad Saichu

Follow Untuk Berita Up to Date