Belasan Pasar Tradisional Rampung Revitalisasi

Ponorogo, koranmemo.com – Pemerintahan Bupati Ponorogo Ipong Muchlissoni sukses meningkatkan taraf ekonomi ribuan  pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) melalui revitalisasi belasan pasar tradisional di Kabupaten Ponorogo.

Berdasarkan data di Bidang Pengelolaan Pasar Dinas Perdagangan Koperasi dan Usaha Mikro (Perdagkum) Pemkab Ponorogo, sejak periode 2016-2017 ini sedikitnya ada 12 pasar tradisional dari 17 pasar tradisional telah direvitalisasi. Dengan rincian, 10 pasar di tahun 2016 dan 2 pasar di tahun 2017. Hal ini berimbas pada naiknya taraf ekonomi sebanyak 9.000 pedagang kecil di Pasar tradisional menjadi 5% sampai 10%.

Tak hanya berimbas pada kenaikan taraf ekonomi pedagang tradisional, target Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari sektor ini pun ikut meningkat. Dari Rp 2,4 miliar di tahun 2016 lalu menjadi Rp 2,6 miliar di tahun ini.

Dengan sokongan dana APBN berkisar Rp 800 juta hingga Rp 5 miliar, Pemkab sukses menyulap pasar tradisional yang kumuh menjadi pasar yang bersih dan tertata.

Bupati Ponorogo Ipong Muchlissoni melalui Kepala Bidang (Kabid) Pengelolaan Pasar Perdagkum, Fitri Nurcahyo mengatakan, revitalisasi belasan pasar tradisional di Ponorogo ini merupakan tindak lanjut dari misi pembangunan Bupati Ipong yang sejalan dengan program Presiden Joko Widodo dalam pembangunan 5.000 pasar tradisional seluruh Indonesia. Diharapkan peningkatan taraf ekonomi tidak hanya terjadi pada pelaku UMKM saja, namun juga berimbas pada meningkatnya daya beli dan kunjung masyarakat ke pasar tradisional. ” Revitalisasi pasar ini selain ikut mensukseskan program presiden Joko Widodo, juga dalam rangka menindaklanjuti program Bupati Ipong yakni Ponorogo lebih maju, berbudaya dan religius. Alhamdulilah taraf ekonomi pedagang juga ikut meningkat dari yang biasanya cuman satu lapak dagang kini bisa mencapai 3 lapak,”ujarnya, Selasa (10/10).

Diungkapkan, rencananya di tahun 2018 mendatang ditargetkan 5 pasar tradisional yang belum tercover tahun ini dapat direvitalisasi.” Tahun depan kita akan mengusulkan revitalisasi untuk 5 pasar tradisional ke Kementrian Perdagangan. Sehingga semua pasar di Ponorogo dapat tertata dan lebih rapi,” pungkasnya.

Reporter: Zainul Rohman

Editor: Achmad Saichu

Follow Untuk Berita Up to Date

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.