Bekali Guru dengan SDM Kepariwisataan

Nganjuk, koranmemo.com – Seluruh guru SMA/SMK sederajat di Kabupaten Nganjuk mengikuti pelatihan dasar SDM Kepariwisataan, Selasa (7/8) pagi, di salah satu aula hotel Kabupaten Nganjuk. Kegiatan yang digelar oleh Kementerian Pariwisata RI ini sebagai wujud dukungan penuh dalam peningkatan pendapatan di daerah, khususnya dari sektor pariwisata.

Sekretaris Deputi Bidang Pengembangan dan Kelembagaan, Dra Riwud Muji Rahayu MPd, dalam pemaparannya mengenalkan sejumlah pariwisata nasional yang tersebar di seluruh Indonesia, yang dapat dijadikan referensi objek wisata di daerah. “Diharapkan produk pariwisata yang ada di Nganjuk bisa ditingkatkan dan dikembangkan menjadi destinasi wisata skala nasional,” ujarnya.

Hal senada juga disampaikan Widyaiswara Madya Kemenpar RI, Abdul Kohar Rifai SE.MM. Dia berharap dengan adanya pembinaan terkait pariwisata ini akan membuat masyarakat sadar dengan pentingnya meningkatkan daya saing di sektor pariwisata. “Kami harap masyarakat sadar wisata setelah dilakukan pelatihan dan pembinaan seperti ini. Sehingga, Kabupaten Nganjuk akan memiliki daya saing dalam destinasi wisata,” paparnya.

Sementara itu, anggota Komisi X DPR RI, Muhammad Suryo Alam Ak,MBA, yang hadir pada kesempatan tersebut menyampaikan, selain pelatihan dasar, bentuk dukungan pemerintah melalui Kemenpar RI juga melalui bentuk kerjasama anggaran, memberi masukan dan melakukan pengawasan. Menurutnya, masukan dan pengawasan ini juga merupakan salah satu bentuk dukungan dari pihaknya.

Untuk diketahui, kegiatan ini juga dihadiri oleh Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Nganjuk, Drs Supiyanto, MM., Adi Prayitno Spd MM, Kepala Cabang Dinas Pendidikan Propinsi Jawa Timur Kabupaten Nganjuk, mewakili Kadisdik Propinsi Jatim. Pelatihan dasar SDM Kepariwisataan ini diikuti 150 peserta dari kalangan guru SMA/SMK sederajat. Diharap para guru langsung bisa menyebarluaskan hasil pelatihan ini, minimal secara langsung kepada anak didiknya di sekolah.

Reporter Andik Sukaca

Editor Achmad Saichu

Follow Untuk Berita Up to Date