Begini Uniknya Wisata Gunung Sepikul di Trenggalek

Kediri, koranmemo.com – Kabupaten Trenggalek yang terletak di pesisir selatan Jawa Timur ini memang mempunyai lokasi wisata yang beragam mulai wisata pantai hingga wisata seni dan budaya serta wisata kuliner. Semua dimiliki Kabupaten Trenggalek. Makanya tidak heran kalau Dinas Pariwisata Kabupaten Trenggalek begitu getol mempromosikan lokasi wisata yang dimiliki.

Salah satu Wisata yang kini sedang digenjot adalah wisata adu adrenalin. Ya Wisata panjat tebing melalui jalur khusus atau yang biasa disebut dengan Via Ferrata yang dibuka untuk umum dan merupakan yang pertama di Jawa Timur. Lokasi Via Ferrata ini berada di Gunung Sepikul Desa Watuagung Kecamatan Watulimo sehingga wisata ini dinamakan Sepikul Via Ferrata atau Sparta.

Wisata Via Ferrata berasal dari bahasa Italia yang artinya jalur besi. Jalur Via Ferrata di Trenggalek yang mulai dibangun sejak Juni 2017 dibagi menjadi dua spot pendakian, dengan ketinggian sekitar 150 meter di atas permukaan laut (mdpl) dan 250 mdpl.

Wisata panjat tebing dibagi dalam tiga paket, paket pertama disebut Apache Route dengan ketinggian 125 meter dan paket kedua yang disebut dengan Spartan Route dengan ketinggian 225 m dan paket ketiga disebut dengan Spartan Plus ini dengan ketinggian 225 mdpl.

Nah yang menakjubkan lagi dari atas ketinggian Tebing Sepikul wisatawan bisa menikmati panorama yang masih asri. Wisatawan tidak perlu takut pasalnya oleh team sudah dilengkapi dengan beberapa alat keamanan yang digunakan untuk Climbing di Gunung Sepikul misalnya yang wajib digunakan oleh Wisatawan  : helm, lanyard, maupun harness. Sebelum memanjat tebing, para wisatawan dibriefing oleh team Sparta.

Editor Achmad Saichu

Follow Untuk Berita Up to Date