Begini Proses Pendaftaran Caleg DPRD dan DPR RI

Lamongan, koranmemo.comKomisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Lamongan melalui Devisi Teknis Nursalam menjelaskan, pendaftaran  Calon Anggota Legislatif (Caleg) Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Lamongan, Jatim dan  DPR  RI, dibuka hingga Selasa (17/7) mendatang. Seluruh partai diharap memanfaatkan kesempatan tersebut secara maksimal.

“Rabu (4/7) besok  tahapan pendaftaran Caleg dimulai hingga (17/7) mendatang. Maka kesempatan tersebut harus dimanfaatkan secara maksimal oleh seluruh partai politik mendaftarkan  kader-kadernya sebagai calon perwakilan rakyat yang akan menduduki kursi legislatif,” kata Nursalam, Selasa (3/7) pada sejumlah awak media.Sementara itu penyusunan dan penetapan Daftar Calon Sementara (DCS) anggota DPR dan DPRD  akan dilakukan tanggal 8 hingga 12 Agustus dan pengumuman DCS anggota DPR-DPRD berlangsung 12-14 Agustus mendatang. Sedangkan  verifikasi kelengkapan administrasi para pendaftar caleg akan dilakukan KPU Lamongan pada tanggal 5 hingga 18 Juli mendatang. Hasilnya akan disampaikan ke Parpol pada  tanggal 19 hingga 21 Juli mendatang.

“Perbaikan daftar calon dan syarat calon, serta pengajuan bakal calon pengganti anggota DPR-DPRD  dilakukan pada  22 hingga 31 Juli mendatang. Dan verifikasi terhadap perbaikan daftar calon dan syarat dilakukan pada tanggal  1 hingga 7 Agustus mendatang” terang Nursalam

Dikatakan,  pada pemilihan umum (Pemilu) 2019  berbeda dengan 2014. Dimana masing-masing Partai Politik  wajib mendaftarkan terlebih dahulu para calegnya melalui sistem informasi pencalonan (Silon).
Parpol diwajibkan terlebih dahulu mendaftarkan calon legislatif secara online melalui Silon, sebelum kemudian mendaftar secara manual atau menyerahkan berkas persyaratan yang berbentuk hard copy kepada Komisi Pemilihan Umum (KPU) di masing-masing tingkatan.

“Seluruh berkas caleg harus seluruhnya diserahkan oleh Partai Politik tidak boleh melalui perseorangan dan sudah ada pemilahan sesuai dapi masing-masing” pungkasnya.

Reporter: Suprapto
Editor: Achmad Saichu

Follow Untuk Berita Up to Date