Begini Pelaksanaan UNBK Hari Ketiga

Kediri, koranmemo.com – Pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) di hari ketiga dengan mata pelajaran Bahasa Inggris sudah tidak ada kendala. Hal ini berbeda dengan pelaksanaan UNBK hari pertama dan kedua yang diwarnai genset terbakar dan komputer log out sendiri.

Kasi Pendidikan Cabang Dinas Pendidikan (Cabdindik) Provinsi Jawa Timur wilayah Kediri, Sidik Purnomo mengatakan, pihaknya belum menerima laporan adanya permasalahan dalam pelaksanaan UNBK hari ketiga. Permasalahan yang dialami pada UNBK hari pertama dan kedua sudah tidak terulang kembali.

“Tidak ada laporan kendala terjadi pada UNBK hari pertama ini, Alhamdulillah semua lancar. Kendala log out sendiri seperti di beberapa sekolah kemarin hari ini tidak terjadi,” katanya, Rabu (11/4).

Kendala tersebut sudah teratasi karena ada tim helpdesk yang sudah siap sedia membantu jika terjadi kendala teknis. Sidik mengatakan, tim helpdesk yang berisikan guru-guru komputer dari SMA, SMK, hingga SMP ikut memonitor jalannya UNBK.

“Di Kota ada sekitar 10 guru di tim helpdesk, Kabupaten ada sekitar 20 guru. Mereka dalam pelaksanaan UNBK terus melakukan pemantauan, jika terjadi kesalahan teknis seperti log out sendiri atau yang lainnya langsung membenahi kesalahan itu,” jelasnya.

Sementara, pelaksanaan UNBK tinggal menyisakan satu hari lagi dengan mata pelajaran MIPA dan IPS. Sedangkan, siswa yang tidak mengikuti UNBK akan mengikuti UNBK susulan pada minggu depan.

Reporter: Zayyin Multazam

Editor: Achmad Saichu