Begini Cara Bupati Emil Dardak Agar Produk Lokal Bisa Bersaing di Pasar 

Trenggalek,koranmemo.com-Pemerintah Kabupaten Trenggalek semakin getol melakukan promosi dan pemberdayaan produk UKM unggulan yang ada di Trenggalek. Upaya tersebut dibuktikan dengan membentuk Industri Kecil dan Menengah (IKM) Mart yang berfungsi untuk mendorong pengembangan produk lokal agar memiliki jalur pemasaran lebih pasti dan berkelanjutan.

Dijelaskan Bupati Trenggalek Emil Dardak bahwa IKM Mart ini adalah bagian dari forum IKM yang mengacu program dari provinsi yang diinisiasi oleh Pakde Karwo, Gubernur Jawa Timur. Dalam kegiatannya Forum IKM ini sering tampil di pameran yang digelar di Trenggalek.

“IKM Mart dibangun di Jl. KH Agus Salim nomor 38 Trenggalek yang menampung berbagai produk industri kecil dan menengah yang dihasilkan masyarakat lokal Trenggalek,” jelasnya, Jumat, (15/12) malam.

Produk-produk lokal tersebut juga mendapatkan pembinaan khusus dari dinas terkait melalui berbagai macam pelatihan. Mulai pengolahan produk, pengemasan hingga pemasaran.

“Pembentukan IKM Mart tersebut diharapkan bisa menjadi tempat untuk berjualan yang efektif untuk produk warga lokal agar mudah dijangkau oleh masyarakat atau konsumen,” tutur Emil Dardak.

Disampaikan pula bahwa pembentukan IKM sendiri sekaligus menjadi tes market terhadap seluruh produk yang dipasarkan. Saat ini sering dari pameran ke pameran.

Strategi pemasaran produk IKM tidak hanya melalui IKM Mart. Sudah lama pemkab  bekerjasama dengan salah satu toko berjaringan nasional untuk memberikan tempat khusus bagi produk unggulan lokal Trenggalek.

“Dengan diarahkan melalui jalur pemasaran yang lebih pasti dan berkelanjutan. Diharapkan jika ada tamu dari luar kota bisa lebih mudah untuk mengarahkan dan mengenalkan produk Trenggalek,” pungkasnya.

Reporter : Rudi Yuniriyanto
Editor      : Hamzah Abdillah

 

Follow Untuk Berita Up to Date

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.