Beberapa Mesin ATM Bank Jatim di Blitar Dibobol

Blitar, koranmemo.com – Beberapa mesin Anjungan Tunai Mandiri (ATM) Bank Jatim di Blitar dibobol kawanan rampok.Dari informasi yang diperoleh beberapa mesin ATM yang dibobol antara lain ATM di halaman depan KSU Sri Lestari di Jalan Raya Blitar – Kediri Desa Sukorejo Kecamatan Udanawu Kabupaten Blitar dan ATM Bank Jatim di Jalan Sudanco Supriyadi Kota Blitar.

Modus yang dilakukan pelaku ini terbilang rapi dan baru karena mesin penyimpan uang itu tidak rusak, namun uang tunai sebanyak Rp 18 juta hilang. “Setelah dicek, petugas menemukan ada beberapa kabel yang terurai. Kemudian mengecek saldonya dan ternyata telah dikuras / dibobol sebesar Rp 18 juta,” kata Kasat Reskrim Polres Blitar Kota AKP Heri Sugiono SH, Rabu (06/02).

Dijelaskan, aksi ini baru diketahui petugas Bank Jatim, saat mendapat perintah untuk mengecek ATM di wilayah Udanawu. Tepatnya di halaman depan KSU Sri Lestari di Jalan Raya Blitar – Kediri Desa Sukorejo Kecamatan Udanawu Kabupaten Blitar.

Dua petugas dan seorang sekuriti mendapati mesin ATM itu kosong. Uang sebesar Rp 18 juta sisa saldo yang ada, juga raib tak tersisa.

Polisi yang datang ke lokasi langsung memasang police line. Mereka juga melakukan olah kejadian di lokasi.  “Screenshot kamera yg ada pada mesin ATM, bahwa diduga pelaku terlihat jelas dalam melakukan aksinya sekira pukul 01.00 WIB,” ungkapnya.

Selain di wilayah Udanawu Kabupaten Blitar, ternyata ATM Bank Jatim di Jalan Sudanco Supriyadi Kota Blitar juga dibobol maling. Modusnya sama, uang hilang tanpa merusak mesin. Namun berapa jumlah uang masih belum diketahui karena masih meminta keterangan petugas Bank Jatim.

“Untuk ATM di Jalan Sudanco Supriyadi juga telah kami police line. Tentang jumlah kerugian, belum bisa dipastikan. Ini sedang kami minta keterangan dari mereka,” imbuhnya.

Sementara itu informasi yang dihimpun, komplotan ini juga melakukan aksi serupa di enam wilayah di Jatim. Di antaranya Lumajang, Kabupaten Malang dan Trenggalek.

Empat orang diduga pelaku perampokan spesialis ATM bank berhasil dibekuk polisi di pintu keluar tol Ngemplak, Boyolali. Para pelaku sudah dikejar polisi sejak dari wilayah Jawa Timur.

Reporter Arief juli prabowo

Editor Achmad Saichu

Follow Untuk Berita Up to Date