Bazaar UMKM dan Konsultasi Bisnis, Mahasiswa Jangan Gengsi Membuka Usaha Sendiri

Kediri, koranmemo.com – Memiliki usaha sendiri masih dianggap tabu bagi sebagian besar mahasiswa era millennial terlebih berwirausaha dari barang yang paling kecil. Namun bagi Nisa Mutiara yang memberikan talkshow pada Bazaar UMKM dan Konsultasi Bisnis di IAIN Kediri cara berfikir seperti itu harus dihilangkan.

Nisa Mutiara salah satu pengurus Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) mengisi talkshow pada Bazaar UMKM dan Konsultasi Bisnis. Kegiatan itu memang diinisiasi oleh Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kediri untuk memberikan inspirasi bagi para mahasiswa yang sedang menempuh pendidikan maupun yang telah lulus agar bisa menciptakan peluang pekerjaan bagi masyarakat luas.

“Menjadi seorang muslim saat ini harus optimis, harus bergaul dengan semua kelompok umat agama untuk membangun jaringan bisnis kita. Jangan sampai kalah dengan pengusaha-pengusaha yang telah sukses dari Eropa tapi juga jangan berkecil hati karena kita justru memiliki peluang yang cukup besar untuk meraih kesuksesan itu karena masyarakat muslim secara kuantitas di dunia ini paling banyak apalagi di negara kita,” ujarnya.

Lebih lanjut, Nisa menyoroti peluang mahasiswa saat ini yang cenderung gengsi dengan statusnya sehingga sulit untuk menjadi pengusaha sukses. Cara berfikir lulus kuliah harus bekerja menjadi karyawan sebuah perusahaan masih tertanam di sebagian besar mahasiswa di Kediri dan sekitarnya, dia berharap cara berfikir itu harus dihilangkan.

“Peluang untuk sukses itu sangat besar, karena jiwa entrepreneurship itu ada dalam setiap diri manusia tinggal bagaimana para anak muda saat ini berani memulainya. Mulai hal terkecil, misal orangtua kita jual nasi pecel jika itu dipoles dengan cantik dengan ilmu ekonomi yang matang bisa menjadi kita sukses,” ujarnya.

IAIN Kediri menggelar Bazaar UMKM dan Konsultasi Bisnis selama dua hari yang berada di lapangan parkir kampus tersebut. Selain dari MES, IAIN Kediri juga mengundang pemateri dari Ikatan Pengusaha Muslim Indonesia (IPEMI) untuk mengisi talkshow, serta menghadirkan puluhan UMKM di Kediri untuk memberikan inspirasi bisnis bagi para mahasiswa mereka.

Reporter Zayyin Multazam

Editor Achmad Saichu

 

Follow Untuk Berita Up to Date