Bawa Senpi Rakitan, Pelaku Curanmor Ditangkap Warga

Sidoarjo, koranmemo.com – Unit Reskrim Polsek Taman menangkap dua pelaku pencurian motor  (curanmor) dengan bekal senjata api (senpi) rakitan dan kunci T dalam setiap menjalankan aksinya.

Kedua pelaku itu, M Fathur Rozi (21)  asal Desa Suwaan Kec. Modung Kab. Bangkalan dan Sohibul Kaffi (21) kuli bangunan asal Desa Poter Kec. Tanah Merah Kab. Bangkalan.

Rozi diamankan setelah melakukan aksi pencurian dengan pemberatan (curat) motor beat Nopol W  2380 VW, milik Ahmad Syarif Ridlo (26) warga Jalab Taruna gang Masjid RT 03 RW 07 Desa Wage Kec. Taman.

Pelaku mencuri motor korban yang diparkir di samping rumah. Korban dan keluarganya mengetahui ada pencurian setelah mendengar suara mesin motor korban berbunyi dan dibawa kabur pelaku.

Korban beserta keluarganya melakukan pengejaran dengan cara menyebar. Saat Imam Subeki paman korban melakukan pengejaran sampai di Desa Johar Taman, menjumpahi motor korban ditumpangi pelaku. Setelah dibuntuti, tangan pencuri ditarik Imam Subeki hingga pelaku jatuh.

Saat jatuh, pelaku yang berusaha lari, dihadang oleh saksi mata dan diteriaki maling. Pelaku sempat mengelak kalau motor yang dikendarainya hasil curian. Setelah perdebatan panjang dan ramai disaksikan orang banyak, kunci T milik pelaku jatuh dan dilihat banyak orang.

Korban berhasil ditangkap oleh warga secara beramai-ramai. Beruntung petugas yang tiba di TKP lansung mengamankan pelaku dibawa ke rumah Kades Desa Johar.

“Waktu diperiksa dan tubuhnya digeledah petugas, pelaku membawa senpi rakitan jenis revolver warna putih croom yang didalamnya berisikan 6 (enam) butir amunisi revolver call 38 yang diselipkan di pingganh sebelah kanan pelaku. Saat itu juga pelaku lansung diamankan di Mapoksek Taman,” tegas Kapolresta Sidoarjo Himawan Bayu Aji Jumat (16/3/2018).

Ditambahkan, selain mengamankan pelaku curat yang biasa membawa senpi rakitan, pihaknya juga meringkus pelaku curanmor lain yang berinisial SK. “SK ini mencuri motor jenis Honda Beat Nopol W 5290 WW milik Moch Aris Firmanda (23) warga Desa Sambibulu RT 01 RW 01 Kec. Taman, yang diparkir di teras rumah korban,” ucapnya.

Kronologisnya, ungkapnya, motor korban saat itu diparkir di teras depan rumah. Korban yang di dalam rumah, mendengar suara motornya berbunyi dan korban lansung keluar. Pelaku akan membawa kabur motor korban ke arah utara. Sedangkan satu teman pelaku lainnya ngebut melarikan diri ke arah selatan.

Korban yang mengejar dari depan rumah, berhasil memegang motornya dan ditariknya hingga jatuh. Korban sempat akan berkelahi dengan pelaku. Bersamaan dengan itu, L teman pelaku balik ke utara dan menghampiri pelaku SK yang akan membawa kabur motor korban, untuk naik motor L melarikan diri.

“Saat akan naik ke motor L, pelaku SK berhasil ditarik oleh korban hingga jatuh. Warga yang berada di lokasi langsung menangkap pelaku. Oleh petugas yang datang, pelaku diamankan dan digelandang ke Mapoksek Taman,” ungkap mantan Kapolres Kab. Kotawaringin Timur Kalteng itu.

Masih kata Himawan, pelaku yang melarikan diri, identitasnya sudah diketahui dan kini dalam pengejaran. Sedangkan untuk kasus senpi yang dibawa pelaku FR, sekarang masih didalami. “Untuk senjata rakitan yang dibawa FR, saat ini masih dikembangkan,” tegasnnya.

Reporter: Yudhi Ardian

Editor: Achmad Saichu

Follow Untuk Berita Up to Date