Bawa Sabu, Kabid Bappeda Magetan Dijerat Pasal Berlapis

Ponorogo, koranmemo.com – Kepala Bidang (Kabid) Perencanaan di  Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Penelitian dan Pengembangan (Bappeda-Litbang) Kabupaten Magetan, Riyanto Kurniawan (46) yang ditangkap Satreskoba Polres Ponorogo saat membawa Narkoba jenis Sabu di kawasan Pasar Songgo Langit Ponorogo pada 8 Mei lalu, tampaknya, bakal meringkuk di tahanan dengan kurun waktu yang lama.

Pasalnya, Jaksa Penuntut Umum (JPU) Nanang Trianto bakal menerapkan dua pasal berlapis dengan ancaman hukuman di atas 10 tahun penjara.

Warga Rt 2 Rw 3 Kelurahan Alastuo Kecamatan Poncol Kabupaten Magetan ini sendiri bakal dijerat dengan pasal 172 ayat (2) dan pasal 132 ayat (1) Undang Undang Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika, yakni perihal kepemilikan dan penggunaan narkoba jenis Sabu.

” Akan kita jerat dengan pasal pengguna dan kepemilikan, ancamanya di atas 10 tahun penjara,” ujarnya, Kamis (9/8).

Sementara itu, dalam sidang perdana kali ini Hakim Ketua Dwi Sugianto tepaksa menunda pembacaan dakwaan terhadap oknum PNS Pemkab Magetan tersebut. Pasalnya, Terdakwa tidak didampingi kuasa hukumnya.

“Dakwaanya belum dibacakan kali ini, karena hakim masih menunjuk kuasa hukum terdakwa dalam proses persidangan,” ungkap JPU Nanang Trianto.

Diketahui sebelumnya, Riyanto dibekuk anggota Satreskoba Polres Ponorogo saat membawa sabu seberat 0,40 gram. Penangkapan pejabat eselon III Lingkup Pemkab Magetan ini merupakan pengembangan dari tertangkapnya kurir sabu berinisia J sehari sebelumnya. Dari kasus ini petugas berhasil mengamankan tiga paket sabu dari tangan keduanya yakni,  0,40 gram; 0,28 gram; 0,16 gram; dan 0,60 gram.

Reporter Zainul Rohman

Editor Achmad Saichu

Follow Untuk Berita Up to Date