Bawa Narkoba, Penumpang Air Asia dari Malaysia Diamankan

Sidoarjo, koranmemo.com – Seorang penumpang pesawat di Bandara Internasional Juanda, diamankan petugas.  Penumpang Air Asia dengan nomor penerbangangan  XT 327 tujuan Kuala Lumpur – Surabaya itu terbukti membawa sekitar 745 gram narkoba jenis Methampethamine yang disembunyikan dalam kardus Air Pot (Water heater).

Amank Santoso (26) asal Bangkalan, Madura ditangkap pada hari Jum’at, (13/10/2017) lalu oleh petugas Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai (KPPBC) Tipe Madya Pabean Juanda Surabaya.

Kepala KPPBC Juanda, Muchamad Mulyono mengungkapkan, penangkapan tersebut berawal dari kecurigaan petugas bandara Juanda saat penumpang itu menaruh barang bawaan di bagasi pesawat. Kecurigaan petugas tertuju pada salah satu isi barang bawaan penumpang, akhirnya kembali ditelusuri lebih lanjut.

“Setelah petugas melihat siapa pemilik barang tersebut. Akhirnya petugas langsung melakukan pemeriksaan terhadap pemilik barang bawaan tersebut,” terang Mulyono saat merilis tersangka di Aula KPPBC Juanda. Senin, (16/10/2017).

Dari hasil pemeriksaan, kardus air pot (water heater) tersebut, petugas mendapati empat bungkus narkoba jenis Methampethamine dengan total seberat 745 gram yang dikemas dengan plastik dan dimasukkan ke dalam kardus tersebut.

“Petugas dari awal mencurigai isi  kardus itu. Setelah dilakukan pemeriksaan di mesin X-Ray, ternyata ada yang tidak wajar pada image X-Ray. Setelah dibuka ternyata isinya serbuk putih kristal,” tambahnya.

Dari hasil uji Narcotics, lanjut Mulyono, barang tersebut positif mengandung jenis Methampethamine.

Akibat perbuatannya tersangka akan dijerat dengan pasal 113 ayat 1 dan 2 UU RI Nomor 35 tahun 2009 tentang Narkotika dengan ancaman hukuman maksimal 15 tahun penjara dan denda sebesar Rp 10 miliar.

Reporter: Yudhi Ardian

Editor: Achmad Saichu

Follow Untuk Berita Up to Date

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.