Basarnas Petakan Kerawanan di Jalan Tol

Sidoarjo, koranmemo.com – Basarnas (Badan SAR Nasional) memetakan sejumlah titik rawan kecelakaan dan potensi kemacetan jalan di Jawa Timur selama mudik lebaran 2018.  Selain itu, basarnas juga menyiapkan beberapa sarana dan prasarana menyambut gelombang arus mudik tahun ini.

Kepala Basarnas Surabaya, Prasetya Budiarto mengatakan, pihaknya saat ini sedang melakukan pemetaan titik rawan kecelakaan dan rawan kemacetan lalu lintas di jalan tol Solo-Surabaya.  “Kami sudah telusuri jalur Tol Solo sampai Surabaya. Ada beberapa sarana dan prasarana yang belum memadai sehingga perlu perhatian. Jalannya masih berupa cor, kurangnya lampu penerangan jalan dan rest area yang juga belum memadai,” kata Prasetya ketika dikonfirmasi, Selasa (8/5/2018).

Prasteya mengatakan, dia juga akan berkoordinasi dengan pengelola dan pemerintah setempat untuk merumuskan apa saja yang harus disiapkan saat arus mudik nanti.

“Persiapan-persiapan penanganan secara darurat. Misal, jika terjadi kondisi darurat kita sediakan helikopter agar bisa cepat diatasi. Tidak lupa juga tempat pendaratan darurat di rumah sakit terdekat juga perlu. Terkait sejumlah persiapan lain yang harus dibicarakan dengan stakeholder setempat juga sedang kita bahas,” paparnya.

Tempat-tempat wisata di saat musim libur lebaran biasanya juga bakal dipadati pengunjung. Dia mengimbau agar para pemudik selalu berhati-hati. “Utamanya wisata alam. Potensi kerawanan agak tinggi, seperti wisata gunung, pantai, air terjun dan sebagainya,” tambahnya.

Persiapan demikian bakal didukung oleh kesiapan personel juga. Dirinya bakal mengerahkan semua personel dan memantau langsung semua lokasi wisata yang ada. “Termasuk mengajak para relawan yang sudah terlatih, agar sewaktu-waktu bisa turun tangan jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan,” tambahnya lagi.

Prasetyo mengatakan, ada beberapa daerah rawan longsor, yakni jalur selatan.  “Itu juga menjadi perhatian serius menjelang arus mudik,” cetusnya.

Reporter : Yudhi Ardian

Redaktur : Della Cahaya Praditasari

Follow Untuk Berita Up to Date