Baru Diperbaiki, Plafon 2 Ruangan Kelas SDN Kresikan 2 Ambrol

Share this :
Ngawi,koranmemo.comPlafon dua ruang kelas di SDN Kresikan 2 Desa Kresikan, Kecamatan Geneng, Ngawi ambrol, meski baru diperbaiki sekitar dua tahun lalu. Akibatnya kegiatan belajar mengajar (KBM) terganggu.

Tidak ada korban atas musibah tersebut. “Tiba-tiba plafonnya itu roboh. Saat ini ruang tersebut sudah dikosongkan,” kata topik salah satu guru SDN Kresikan 2, Rabu (14/2).

Dikatakan, dua ruang kelas  yang baru diperbaiki sekitar tahun 2015 lalu tersebut, sebelumnya digunakan sebagai ruang belajar siswa kelas I dan kelas II.

Diduga faktor penyebab robohnya atap ruang kelas tersebut lantaran buruknya kualitas pekerjaan dan kurang maksimalnya perencanaan bangunan.  “Kalau dilihat sekilas bangunannya masih bagus sekali, karena memang baru diperbaiki beberapa waktu lalu. Tapi kok bisa roboh, aneh kan,?” terangnya.

Guna mengantisipasi ambruknya atap ruang kelas I dan kelas II pihak sekolah berinisiatif menopang rangka atap yang mulai patah dengan bambu sejak dua minggu yang lalu.

Sedangkan untuk proses KBM kelas I dan II dipindah ke ruang kelas VI. Sedangkan siswa kelas VI dipindah ke ruang perpustakaan. “Tidak ada alternatif lain selain itu, karena ruang kantor sendiri juga rusak bagian atapnya. Mau tidak mau proses KBM untuk kelas I dan kelas II dijadikan satu,” ujarnya.

Pihaknya hanya bisa berharap dari Dinas Pendidikan Kabupaten Ngawi untuk memperbaiki rangka atap yang rusak.

Terpisah, Kepala Bidang Pendidikan Dasar (Dikdas) Dinas Pendidikan Kabupaten Ngawi Hadi Pranowo saat dikonfirmasi mengaku sudah mendapat laporan soal robohnya atap ruang kelas SDN Kresikan 2. Pihaknya juga sudah turun ke lapangan pada Selasa, (13/02) lalu untuk melakukan pengecekan kerusakan ruang kelas tersebut.

Sebelum mengalokasikan anggaran untuk perbaikan, pihaknya masih melakukan pendataan untuk memprioritaskan sekolah mana yang layak mendapat anggaran lebih dulu. Pasalnya, anggaran dari APBN bersumber Dana Alokasi Khusus (DAK) tahun 2018 ini hanya sebesar Rp 8 milliar. “Saat ini masih kami data, tapi untuk SDN Kresikan 2 tetap menjadi prioritas kami,” pungkasnya.

Reporter: Dika Abdilah/Juremi

Editor: Achmad Saichu

Facebook Comments
Follow Us

Leave a Reply

Be the First to Comment!

Notify of
avatar
wpDiscuz