Baru Buka Job Fair Kota Kediri 2018, Ribuan Pelamar Langsung Berdatangan

Kediri, koranmemo.com -Upaya Pemerintah Kota Kediri untuk menurunkan angka pengangguran masih terus berlanjut. Salah satunya adalah dengan mengadakan bursa lowongan kerja atau Job Fair Kota Kediri 2018, di halaman Balai Pemerintahan Kota Kediri, Rabu (5/9) pukul 09.00 WIB. Ribuan lowongan dari perusahan regional atau nasional tersedia pada bursa kerja kali ini.

Wali Kota Kediri,  Abdullah Abu Bakar yang membuka kegiatan kali ini mengatakan, tingkat pengangguran Kota Kediri 3 tahun sebelumnya mencatat angka pengangguran hingga 8,1 persen. Dua tahun kemudian penurunan drastis dicatatkan Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Kediri menurun menjadi 4,6 persen.

“Penurunan ini terjadi setelah banyak pengangguran terbuka di Kota Kediri pindah atau pergi keluar kota untuk mencari kerja. Memang belum 50 persen tapi hampir 50 persen pengguna di Kota Kediri berkurang,” ujarnya.

Adapun selain sektor formal seperti pekerja di perusahaan Wali Kota Kediri juga berharap banyak kepada sektor informal seperti Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Untuk memaksimalkan potensi tersebut Pemerintah Kota Kediri melalui Dinas Koperasi, Usaha Mikro, dan Tenaga Kerja (Dinkop UMTK) mengadakan pelatihan kerja.

“Selama ini masyarakat sudah membangun bersama perekonomian di Kota Kediri. Dan terciptalah nuansa ekonomi yang bagus, hampir 24 jam perekonomian kota Kediri berjalan. Karena ketika malam dibandingkan darah lain Kota Kediri lebih ramai,” imbuhnya.

Mas Abu,  sapaan akrabnya berharap perekonomian di Kota Kediri semakin bertumbuh dan tenaga kerja Kota Kediri dapat terserap pada Job Fair 2018.

Di pihak lain, Kepala Dinkop UMTK Kota Kediri, Kristanto menjelaskan kegiatan ini merupakan agenda rutin Pemkot Kediri yang sedang berupaya menurunkan pengangguran terbuka di Kota Kediri. “Perusahaan yang kami undang dan mengisi stan yang kami sediakan ada 62 perusahaan. Sementara itu untuk lowongan ada sekitar 1.000 lebih yang bisa menyerap tenaga kerja,” ujarnya.

Kegiatan ini juga dihadiri oleh Waki Wali Kota Kediri Lilik Muhibbah, Sekretaris Daerah Kota Kediri Budwi Sunu, dan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lingkup Pemerintah Kota Kediri.(Adv)

Reporter: Dhita Septiadarma

Editor: Della Cahaya Praditasari

Follow Untuk Berita Up to Date