Banser Belajar Ilmu Lalu Lintas

Jombang, koranmemo.com-Pimpinan Cabang (PC) Gerakan Pemuda (GP) Ansor Jombang dan Polres Jombang, untuk pertama kalinya menggelar acara Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) Banser Lalu Lintas (Balantas).

Pelatihan ilmu lalu lintas tersebut diikuti sekitar 60 anggota Banser Jombang serta dibuka secara resmi oleh Kapolres Jombang AKBP Agung Marlianto, Selasa (24/10).

“Kita melaksanakan kemitraan dengan GP Ansor untuk memberikan pelatihan Banser Lantas. Keberadaan Banser yang akan kita latih, akan membantu petugas lalu lintas yang bersifat insidentil,” kata Agung kepada wartawan usai acara pembukaan di Mapolres Jombang di Jl KH Wahid Hasyim.

Agung menuturkan, kegiatan antara kepolisian dan Banser tidak berhenti pada momen itu saja. Nantinya, diharapkan pada setiap kegiatan bersifat persuasif, Banser akan dilibatkan.

“Artinya, sebagai contoh, pada penyuluhan kepada masyarakat, kita akan libatkan Banser dengan posisi yang sama tinggi antara Kepolisian dengan Banser,” ujar Kapolres.

Masih menurut Agung, sasaran penyuluhan kesadaran berlalu lintas dari pola kemitraan ini adalah sekolah-sekolah dan elemen yang lain. “Sehingga kegiatan ini ditargetkan akan mampu menurunkan angka kecelakaan di Jombang,” tandas Agung.

Sementara itu Ketua PC GP Ansor Jombang, Zulfikar Dawam Ikhwanto menjelaskan, salah satu tujuan digelarnya diklat ini yakni untuk peningkatan kemampuan Sumber Daya Manusia (SDM) anggota Banser.

“Tentu kami ingin membentuk satuan unit khusus yang kami sebut Balantas yang memiliki tugas pengamanan, dan mengatur ketertiban lalu lintas,” ungkap Zulfikar.

Selanjutnya menurut Zulfikar, setelah anggota Banser yang telah mengikuti diklat ini akan dikukuhkan menjadi Banser Lalu Lintas.

“Mereka akan memakai atribut khusus sebagaimana yang telah diatur dalam petunjuk pelaksanaan Kebanseran,” pungkasnya.

Reporter: Agung Pamungkas
Editor: Achmad Saichu

 

Follow Untuk Berita Up to Date

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.