Bangun Wisata Pertanian Terpadu di Tengah Kota, Representaif untuk Edukasi dan Rekreasi

Share this :

Trenggalek, koranmemo.com – Bupati Trenggalek Emil Dardak meninjau langsung penempatan Demontration Plot (Demplot) Pertanian Terpadu di tengah kota, tepatnya di sisi barat Jalan raya Sukarno – Hatta. Pasalnya Pertanian Terpadu yang saat ini mulai dibangun sedianya akan menjadi sarana edukasi dan rekreasi masyarakat.

Banyak sekali tanggapan dari masyarakat yang menyayangkan pembangunan Demplot Pertanian Terpadu di tengah kota. Namun, Pemkab Trenggalek telah berkomitmen , penempatan itu telah menjadi bagian dari penataan wajah kota dan justru  menjaga keasrian wajah Kota Trenggalek.

Menurut Bupati  Emil Dardak, kebijakan awalnya adalah fokuskan penataan wajah Trenggalek. Datang di Trenggalek tidak disuguhi area persawahan yang konvensional , namun dengan adanya pertanian terpadu akan sedikit dipoles dengan penampilan yang menyejukkan dan itu sebagai rekreasi edukasi.

“Justru sawah ini kita prefersasi, kita jaga supaya tetap luar biasa dan menjadi khas daerah ini, yang tetap menjaga akar agraris kita,” ucapnya.

Ke depan pihaknya akan mendorong pertanian terpadu ini sebagai tempat yang mempunyai nilai estetika yang baik. Sehingga pembangunan tersebut tidak terlalu dekat dengan jalan, melainkan agak mundur kebelakang.

“Jika di situ bagaiman hasil perikanan darat, pertanian dan perkebunan yang unggul , sehingga masyarakat akan melihat displaynya dulu sebelum mendatangi langsung tempat yang akan menjadi tujuan wisatanya,” tegasnya.

Desain pertanian terpadu ini dibuat seasri mungkin dan terus diimprove desain arsitekturnya. Bangunan ini nanti akan berupa semacam taman yang temanya adalah pertanian edukatif untuk mendorong masyarakat agar tidak menganggap pertanian sebagai suatu legacy yang tidak menarik ataupun kalah dengan profesi lain.

“Perlu diketahui bahwasanya pertanian yang terbelakang ini tidak kalah dengan profesi lain bilamana pengelolaannya bisa tepat dan terpadu,” ungkapnya.

Dijelaskan Bupati Emil Dardak, program tersebut benar-benar pertanian yang mendorong efisiensi perikanan, peternakan maupun pertanian tanaman. Sehingga bisa sinergis dan dikemas dengan kesan yang menarik. Dari hal tersebut pengunjung lokal maupun luar kota akan tertarik jalan-jalan ke lokasi ini, pasalnya akan mendapat edukasinya maupun rekreasinya.

“Nantinya akan ada beberapa bagian termasuk juga dengan tempat kulinernya sehingga akan terkesan lebih menarik,” pungkasnya.

Reporter : Rudi Yuniriyanto

Editor :     Hamzah Abdillah

Facebook Comments
Follow Us

Leave a Reply

Be the First to Comment!

Notify of
avatar
wpDiscuz