Baja Penyangga Jembatan Rusak, Lalin Dialihkan

Lumajang, koranmemo.com -Baja penyangga jembatan Bondoyudo penghubung Desa Wonorejo Kec. Kedungjajang dengan Desa Selok Besuki Kec. Sukodono Lumajang rusak. Karena membahayakan jembatan ditutup, sedang lalu lintas (lalin) dialihkan.

Pantauan koranmemo.com lempengan baja sebagai penyangga jembatan tersebut hampir putus, dan sejumlah baja penyangga lainnya juga mengalami hal yang sama. Beruntung kerusakan tersebut segera diketahui.

“Masih untung bisa diketahui, seandainya dibiarkan seperti jembatan yang sebelahnya yang dulu pernah roboh saat ada kendaraan yang lewat, kan kasihan bisa memakan korban,” ucap Sutikno warga Lumajang yang bekerja di Kab. Gersik sesaat setelah melintas jembatan, Kamis (5/4/2018).

Belum diketahui pasti penyebap kondisi retaknya baja penyangga jembatan tersebut, entah kendaraan yang melebihi tonase atau memang kualitas baja penyangganya yang kurang bagus. Yang pasti petugas terkait DPU Binamarga Provinsi Jatim, Dishub Provinsi Jatim, Dishub Kab. Lumajang, melakukan uji kelayakan pasca dilakukan pengelasan terhadap baja yang retak.

“Kita sudah berkoordinasi dengan Satlantas Polres Lumajang untuk melakukan pengalihan kendaraan besar,” ujar Kadishub Kab. Lumajang Drs. Sugeng Priyano.

Kondisi demikian bakal dilakukan kelayakan ulang dari dinas terkait untuk melakukan pengecekan ulang, terkait kekuatan jembatan pasca dilakukan pengelasan ulang.

“Tadi malam sudah dilakukan pengelasan setelah dilakukan pengecekan dari Kementrian Binamarga, sekarang dilakukan pengelasan ulang,” paparnya.

Reporter : Abd Halim, Sp

Editor: Achmad Saichu

 

Follow Untuk Berita Up to Date