Awasi Pusat Keramaian Selama Mudik Lebaran, Polisi Terus Pantau Gereja 

Sidoarjo, koranmemo.com – Demi keamanan dan rasa nyaman kepada masyarakat khususnya di Kota Delta Sidoarjo saat mudik, Polresta Sidoarjo menerjunkan Satgas Turbinjali (Pengaturan, Pembinaan, Penjagaan dan Patroli). Kegiatan tersebut dilakukan H-7 hingga H+7 lebaran 2018.

Kasat Sabhara Polresta Sidoarjo, Kompol Deddy Iskandar menungkapkan tugas Turbanjali saat Idul Fitri 1439 H diantaranya melakukan pengamanan di sejumlah Gereja, pusat keramaian, kantor perbankan, perumahan hingga antisipasi kemacetan lalu lintas.

“Kegiatan pengamanan dan patroli kita laksanakan pada pagi dan sore hari. Titik-titik kemacetan, sejumlah rumah ibadah (gereja), kantor perbankan, pasar tradisional, mall, dan perumahan-perumahan yang ditinggal mudik penghuninya yang tersebar di Sidoarjo,” jelasnya saat dikonfirmasi, Minggu, (10/06/2018).

Deddy menyebutkan, antisipasi premanisme dan aksi teror musim mudik lebaran 2018 dari pantauan sementara, sejauh ini kondisi Sidoarjo dalam keadaan aman dan kondusif. Diharapkan, itu terus berlangsung selama Lebaran hingga seterusnya.

Minggu, (10/06) sore, saat patroli di beberapa perumahan, polisi mengimbau kepada skuriti atau petugas keamanan setempat untuk segera melapor ketika melihat hal-hal mencurigakan.

“Demikian halnya kepada warga, kami juga mengimbau agar segera melapor ketika mengetahui hal-hal mencurigakan atau sebagainya. Semua demi keamanan bersama,” pesan Deddy usai patroli di Perumahan Bluru Kidul.

Satu lagi yang menjadi perhatian petugas keamanan selama musim mudik Lebaran ini adalah keberadaan Gereja. Selain patroli rutin, juga ada petugas yang khusus ditempatkan di gereja-gereja untuk berjaga.

“Patroli dan penjagaan ketat di gereja-gereja utamanya saat hari Minggu. Ketika banyak jemaat sedang beribadah di tempat-tempat peribadatan tersebut,” lanjut Kasat Sabhara.

Tidak luput, anggota petugas keamanan yang dipersenjatai senjata laras panjang juga mendatangi sejumlah gereja. Diantaranya adalah Gereja Santa Maria di Jalan Yos Sudarso, Gereja GKKAI, gereja Elhom di Jalan Kombes M Duryat, gereja Mawar Sharon di Taman Pinang, dan gereja House of Glory di jalan Diponegoro.

“Semua dalam kondisi aman dan nyaman. Proses peribadatan berjalan lancar, dan semua kondusif,” pungkasnya.

Reporter: Yudhi Ardian

Editor: Achmad Saichu

Follow Untuk Berita Up to Date