Awas! Kawanan Curanmor Merajalela di Sidoarjo, Seminggu 16 Motor Raib

Sidoarjo, koranmemo.com – Aksi pelaku pencurian sepeda motor (curanmor) di Kabupaten Sidoarjo semakin merajalela. Dari informasi yang dihimpun, dalam seminggu terakhir, ada total sebanyak 16 sepeda motor yang raib digasak pencuri.

Di Kecamatan Sukodono, penjahat spesialis pencurian roda dua ini berhasil menggondol total 9 unit sepeda motor dalam satu minggu belakangan.

Tidak hanya di Kecamatan Sukodono, terbaru, kejadian menimpa Hidayat pada Selasa (4/12) sekitar pukul 04.00. Pria 22 tahun tersebut kehilangan sepeda motor kesayangannya. “Tiga sepeda motor langsung hilang. Punya saya dan saudara saya,” bebernya, Rabu (5/12).

Diceritakan, pemuda asal warga Desa Keboananom RT 05 RW 02, Kecamatan Gedangan, Sidoarjo ini mengetahui jika sepeda motornya raib usai salat Subuh di musala.

Dari hasil pantauan Closed Circuit Television (CCTV), pelaku diduga berjumlah 4 orang. Dalam mempelancar aksinya, komplotan tersebut diketahui mengendarai mobil Avanza.

“Satu pelaku berjaga di dalam mobil dan tiga pelaku lainnya diturunkan dekat rumah saya,” terang Hidayat usai melihat hasil rekaman CCTV.

Kerugian yang ditimbulkan dari aksi tindak kejahatan tersebut mengakibatkan empat sepeda motor yang diparkir di garasi raib. Diantaranya sepeda motor Honda Mega Pro, Supra X dan sepeda motor matik Honda Beat.

“Sebetulnya ada tujuh kendaraan yang saya parkir di garasi, namun hanya tiga kendaraan yang dicuri. Karena empat kendaraan lainnya ini kondisinya kurang baik,” urainya.

Diterangkan Hidayat, modus kejahatan pelaku dengan cara merusak gembok pintu garasi yang diduga menggunakan bahan kimia. “Gemboknya masih utuh, bisa diputar-putar. Namun, tidak bisa dipakai mengunci,” terangnya.

Nasib serupa juga dialami Viki (26) dan tetangganya yaitu Yunanto. Keduanya merupakan warga Dusun Joho, Desa Keboananom, Kecamatan Gedangan, Sidoarjo.

Menurut korban Yunanto, kejadian yang dialaminya sekitar pukul 03.00 WIB. Saat itu, motor kedua korban terparkir di teras rumah masing-masing dan pagarnya dalam keadaan terkunci.

Kemudian pelaku berhasil mengambil motor dengan cara merusak gembok pagar. “Waktu itu saya terbangun dan melihat ada tiga orang, masing-masing mendorong motor,” terangnya.

Melihat para pelaku mendorong motor, korban Yunanto meneriaki para pelaku dan satu diantara pelaku meninggalkan motor yang kebetulan motor tersebut motor miliknya. “Motor saya ditinggal, tapi dua motor milik tetangga saya (viki.red) dibawa kabur oleh para pelaku,” terangnya.

Korban lainnya yakni Bambang (57), warga Pamela Joho Resident, Desa Keboananom RT 04 RW 05. Saat kejadian, korban tidak mengetahui.

Namun, saat pagi hari korban melihat motor yang diparkirnya di teras rumah sudah tidak ada. “Saat bangun, motor saya sudah tidak ada. Tapi saya melihat gembok pagar juga hilang,” terangnya.

Reporter Yudhi Ardian

Editor Achmad Saichu

Follow Untuk Berita Up to Date