Awal Tahun, DPRD Sahkan Dua Perda

Share this :

Malang, koranmemo.com – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Malang telah mengesahkan Peraturan Daerah (Perda) Cagar Budaya (CB) dan Kawasan Tanpa Rokok (KTR). Dua Perda tersebut adalah perda yang disahkan oleh DPRD Kota Malang di awal Tahun 2018 ini.

Dalam pandangan akhir fraksi, mayoritas fraksi menyepakati dua Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) tersebut. Dengan begitu, Ranperda bisa diundangkan menjadi Perda yang sah dan mengikat secara hukum.

Sementara, Kedua Perda ini merupakan Perda usulan eksekutif. Perda Cagar Budaya diusulkan oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar), sedangkan Perda KTR diajukan oleh Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Malang. Pembahasan kedua Perda ini melibatkan sejumlah pihak terkait di Tahun 2017.

Abdul Hakim, Ketua DPRD Kota Malang, mengungkapkan, pengesahan dua perda ini tidak lepas dari penggodokan panjang yang sebelumnya sudah dilakukan sesuai dengan tahapan berdasar aturan peraturan perundangan. “Ranperda ini  juga sudah dikirimkan kepada provinsi dan mendapatkan evaluasi oleh Gubernur Jawa Timur,” ungkapnya, Kamis (4/1).

Setelah melalui berbagai proses tahapan tersebut, maka Ranperda ini akan segera dikirimkan kepada eksekutif untuk segera diterapkan. Dia juga menilai, keberadaan dua aturan ini sangat penting sebagai payung hukum bagi masyarakat.

“Kami berharap aturan ini bisa berjalan dengan efektif dan membawa dampak yang baik bagi masyarakat dalam upaya menjaga Cagar Budaya di Kota Malang maupun untuk membatasi ruang bagi para perokok aktif di area publik,” pungkasnya.

Reporter: Yudha Kriswanto

Editor: Achmad Saichu

Facebook Comments
Follow Us

Leave a Reply

Be the First to Comment!

Notify of
avatar
wpDiscuz