Awal Ramadan, Jalur Ganda KA Dioperasikan

Nganjuk, koranmemo.com – Pengerjaan proyek jalur ganda kereta api (KA) tahap 2 di wilayah Daop 7 Madiun, yang berada di wilayah Kabupaten Nganjuk dan Madiun sudah hampir tuntas. Dipastikan, jalur ganda kereta api sepanjang 42 kilometer ini akan dapat dioperasikan pekan depan pada awal Ramadan. Diharapkan, dengan beroperasinya jalur ganda nantinya bisa mempercepat perjalanan kereta api.

Sebelum dioperasikan, petugas dari PT KAI Daop 7 Madiun beserta pejabat pembuat komitmen (PPK) dan pelaksana proyek, melakukan ceklist persiapan dan pemeriksaan perlintasan jalur ganda ini, mulai Stasiun Babadan Kabupaten Madiun sampai Stasiun Nganjuk.

Wisnu Pramudyo Kepala Daop 7 Madiun mengatakan, pekerjaan jalur ganda ini merupakan program pemerintah guna pengembangan infrastruktur jalur kereta api yang dilakukan oleh kementrian perhubungan.

“Diharapkan dengan beroperasinya jalur ganda bisa menambah jadwal pemberangkatan maupun penambahan unit kereta api. Selain itu, jalur ganda akan menghemat keterlambatan kereta api di sejumlah titik,” paparnya saat di Stasiun Nganjuk, Kamis (25/4/2019) siang.

Pihaknya meminta maaf kepada penumpang karena pada hari pertama jalur ganda kereta api dioperasikan akan berdampak pada kelambatan perjalanan kereta api. Sebab akan ada pemasangan semboyan pembatas kecepatan hingga penutupan jalur di sejumlah stasiun.

Sementara itu, Ixfan Hendriwintoko Manajer Humas KAI Daop 7 Madiun menyampaikan, bulan Maret 2019 kemarin telah dilaksanakan kegiatan Switch Over (SO) atau pengalihan penggunaan jalur KA yang lama ke jalur KA yang baru tahap I segmen Stasiun Baron, Sukomoro dan Nganjuk.

Kemudian dilanjutkan dioperasionalkan juga jalur ganda pada segmen tersebut oleh Tim Direktorat Jenderal Perekeretaapian (Ditjenka) melalui Satuan Kerja (Satker) wilayah Jawa Timur, bersama Tim PT KAI (Persero) Daop 7 Madiun. “Setelah SO tahap satu berjalan sukses, dilanjutkan dengan SO tahap dua,” katanya.

Reporter : Muji Hartono

Editor      : Achmad Saichu

Follow Untuk Berita Up to Date