Asyik Ngopi, Pelaku Curanmor Dibekuk

Jombang, koranmemo.comAparat Satreskrim Polres Jombang membekuk BP (19), ketika asyik minum kopi di bawah fly over Peterongan, Rabu (15/5) sekitar pukul 01.00 WIB.

Warga Dusun/Desa Jombatan Kecamatan Kesamben ini dibekuk lantaran diduga terlibat aksi pencurian kendaraan bermotor milik Yadi (45), buruh tani asal Desa Purisemanding Kecamatan Plandaan, April 2019 lalu. Saat ini petugas masih memburu satu pelaku lainnya berinisial AL

“BP masih dimintai keterangan untuk mengetahui keberadan AL, yang telah masuk dalam daftar pencarian orang (DPO),” kata Kasat Reskrim Polres Jombang AKP Azi Pratas Guspitu saat dikonfirmasi koranmemo.com, Rabu (15/5).

Dijelaskan, aksi pencurian sepeda motor jenis Honda Vario ini bermula ketika korban bertandang ke rumah salah satu temannya di Dusun Puri Desa Puri Semanding, Rabu (10/4) sekitar pukul 19.00 WIB. Beberapa saat kemudian, ketika korban hendak pulang, ia terkejut lantaran sepeda motor miliknya telah hilang. Meski telah bertanya kepada beberapa warga di sekitar TKP, namun tidak ada yang tahu siapa yang membawa sepeda motor korban.

“Akhirnya korban melaporkan kasus curanmor ini ke Polsek Plandaan. Saat melapor, korban juga mengaku jika di dalam jok sepeda motor juga terdapat HP miliknya merek Samsung Galaxy Young 2,” paparnya.

Sementara pasca korban melapor, pihak Polsek Plandaan berkoordinasi dengan aparat satreskrim untuk melakukan upaya pengungkapan kasus. Setelah melakukan penyelidikan selama satu bulan lebih, aparat satreskrim mendapat petunjuk identitas salah satu pelaku berikut ciri-cirinya.

Bersamaan dengan itu, petugas mendapat informasi jika pria yang dicari terlihat berada di sekitaran bawah fly over Peterongan. Mendapat informasi tersebut, petugas berpakaian preman bergegas menuju lokasi untuk melakukan pengecekan.

“Anggota bergerak untuk memastikannya, ternyata informasi tersebut benar. Pria yang kami duga sebagai salah satu pelaku sedang minum kopi di lokasi hingga langsung kami tangkap,” ujarnya.

Ditambah lagi, menurut Azi, pada saat penggeledahan, petugas menemukan HP Samsung Galaxy Young 2, yang merupakan HP milik korban. Sehingga saat itu juga pria berinisial BP tersebut langsung digelandang ke Mapolres Jombang untuk pemeriksaan lanjutan.

“Dari yang bersangkutan diketahui jika sepeda motor korban dijual ke daerah Madura oleh AL yang kini jadi DPO. Termasuk kunci leter T juga dibawa oleh si AL,” ungkap Azi.

Pasca menangkap BP, kini satreskrim berkonsentrasi mencari keberadaan AL, untuk mengetahui kepada siapa dia menjual sepeda motor hasil curian tersebut. “Untuk BP kita ancam Pasal 363 KUHP  tentang Pencurian dengan Pemberatan,” pungkasnya.

Reporter Agung Pamungkas

Editor Achmad Saichu

Follow Untuk Berita Up to Date