Arus Mudik, 4 Bus Tidak Layak Jalan

Kediri, koranmemo.com – Petugas Dinas Perhubungan Kota Kediri yang berada di Terminal Tamanan Kota Kediri melakukan pengecekan kepada semua bus. Sampai menjelang hari raya idul fitri, sudah ditemukan 4 bus tidak layak jalan dari dua perusahaan otobus yang melintasi Terminal Tamanan Kota Kediri.

Kepala Terminal Tamanan Kota Kediri, Masnun mengatakan, sejak awal tahun pihaknya terus melakukan pengecekan selama satu bulan sekali terhadap bus yang melintasi terminal Tamanan Kota Kediri. Menjelang mudik lebaran inipun, pihaknya gencar melakukan pengecekan.

“Jadi kita melakukan pengecekan fisik terhadap bus yang melintasi terminal ini sejak Januari. Tujuannya untuk melihat apakah bus yang digunakan untuk mengangkut penumpang ini layak jalan atau tidak,” ujarnya.

Menjelang mudik lebaran ini, Terminal Kediri menemukan 4 bus yang tidak layak jalan yakni 1 armada dari Puspa Indah dan 4 armada dari Kawan Kita. Masnun melihat, secara teknis bus tersebut tidak memenuhi syarat sehingga harus diberhentikan operasinya.

“Pengukur kecepatan ini tidak ada, rem parkir tidak fungsi, lampu sein tidak berfungsi. Ini kalau dibiarkan terus akan membahayakan penumpang, maka ini tadi sopir kita minta untuk membawa pulang busnya dan penumpang yang ada kita minta tolong untuk pindah bus lain,” kata Masnun.

Sementara, Pamudji salah satu sopir bus Kawan Kita yang diberhentikan mengaku, bus yang dia gunakan memang sudah satu tahun lebih tidak dioperasikan. Dia mengoperasikan armada tersebut atas permintaan atasan melihat jumlah penumpang yang semakin banyak saat mudik lebaran.

“Ini lama tidak keluar, satu tahunan jadinya perlengkapan kurang. Jelang lebaran ini dikeluarkan karena pemudik banyak kalau tidak dibantu juga kasihan,” ujarnya.

Meski demikian, pihak terminal hanya meminta bus untuk berhenti beroperasi sedangkan sanksi yang diberikan kepada pihak perusahaan otobus tidak dikenakan karena dianggap bukan wewenang mereka.

Reporter: Zayyin Multazam

Editor: Achmad Saichu

Follow Untuk Berita Up to Date