Apa Saja Makanan yang Sebaiknya Dihindari Ibu Menyusui?

Tips, koranmemo.com – Setiap ibu pasti menginginkan yang terbaik untuk anak-anaknya.  Apalagi ibu yang masih menyusui.  Mayoritas dari mereka pasti ingin memberikan air susu ibu (ASI) eksklusif kepada buah hatinya, alih-alih memberikan mereka susu formula.  Kendati demikian, memang tidak semua ibu diberi kesempatan untuk melakukannya.  Ada ibu yang tidak bisa memberikan ASI eksklusif, bukan karena sibuk, namun karena ASI-nya tidak keluar terlalu banyak, sehingga tida cukup untuk buah hatinya. Kalau sudah begitu, sang ibu biasanya langsung stress dan sedih karena tidak bisa memberikan ASI eksklusif.

Lalu, apa yang harus dilakukan seorang ibu agar  ASI-nya bisa melimpah dan tetap keluar dengan lancar?  Hal utama yang harus diperhatikan tentu saja adalah makanan.  Apa yang dimakan oleh seorang ibu akan mempengaruhi kualitas dan kuantitas ASI.  Oleh karena itu, ada sejumlah makanan yang dihindari ibu menyusui, agar kualitas dan kuantitas ASI bagus.

  1. Minuman Beralkohol

Pada saat masa menyusui, seorang ibu harus jauh-jauh dari minuman beralkohol.  Kandungan dalam alkohol ternyata bisa menyebabkan payudara ibu mudah membengkak dan terasa sakit.  ASI yang dihasilkan pun juga tidak bagus, sehingga menurut para dokter, bahkan bisa menyebabkan anak kehilangan refleks dan beberapa syaraf motorik halus.

  1. Minuman yang Mengandung Kafein

Meskipun harus begadang demi buah hati, namun ibu menyusui tetap tidak dianjurkan untuk meminum kopi agar betah melek.  Ketika seorang ibu meminum minuman yang mengandung kafein, maka efek dari kafein tersebut juga akan dirasakan oleh anak.  Seperti detak jantung yang tidak beraturan dan anak yang biasanya nyaman setelah menyusui, justru semakin rewel karena anak merasa gugup.

  1. Buah Jeruk

Wah, kenapa?  Padahal buah jeruk kan menganduk banyak vitamin C?  Ternyata kandungan dalam buah jeruk ini termasuk dalam makanan yang dihindari ibu menyusui, karena  membuat kandungan ASI juga berubah.  Anak tidak akan merasa nyaman dan sering buang ari kecil.  Makanya, selama masih menyusui, sumber vitamin C-nya sebaiknya diganti dari pepaya atau mangga.

  1. Ikan Kalengan

Ikan kalengan seperti tuna, sarden dan lain sebaiknya  ternyata memiliki kandungan merkuri yang tinggi.  Makanya, sebaiknya dihindari saja daripada terjadi hal-hal yang tidak diinginkan kepada anak, seperti perkembangan otak yang lambat.  Jika ingin makan ikan, sebaiknya ikan air tawar yang tidak mengandung merkuri.

  1. Cokelat

Makanan yang mengandung hormon endhorpin yang bisa membuat kita bahagia ini rupanya juga pantang dimakan oleh ibu menyusui.  Cokelat memiliki efek yang sama dengan kafein, yakni dapat membuat adrenalin menjadi lebih tinggi.  Anak jadi lebih susah tidur dan bahkan bisa-bisa terjaga sepanjang malam.  Tapi bukan berarti ibu menyusui tidak boleh makan cokelat sama sekali lho ya..Masih boleh, asalkan tidak lebih dari 750 gram.

  1. Makanan Cepat Saji

Makanan cepat saji mengandung banyak kalori yang tidak baik jika dikonsumsi berlebihan oleh ibu menyusui.  Sesekali tidak apa, tapi jika terlalu banyak juga akan membuat kualitas ASI ibu tidak bagus.

  1. Makanan yang Memicu Alergi

Perhatikan baik-baik setiap makanan yang dimakan oleh ibu menyusui.  Jangan sampai seorang ibu terkena alergi ketika sedang menyusui, karena anak pun juga pasti akan terkena dampaknya.  Kondisi ibu yang drop akan memproduksi ASI dengan kuantitas dan kualitas yang buruk.

Demikian 7 makanan yang dihindari oleh ibu menyusui.  Sebenarnya tidak apa-apa, asalkan jangan berlebihan hingga merugikan ibu dan anaknya sendiri.

Editor: Della Cahaya Praditasari

Follow Untuk Berita Up to Date