Antisipasi Teror, Banser Kota Kediri Ikut Amankan Gereja

Kediri, koranmemo.com – Suasana berbeda terlihat di sejumlah gereja di Kota Kediri, Minggu (20/5). Puluhan anggota Barisan Ansor Serbaguna Nahdlatul Ulama (Banser) dan Gerakan Pemuda Ansor (GP-Ansor) Kota Kediri terlihat berjaga di sekitar lokasi bersama sejumlah petugas lainnya. Keterlibatan mereka, turut serta mengamankan jalannya peribadatan umat nasrani di tengah serangan teror yang belakangan terjadi di sejumlah daerah.

Wazid Husni, Ketua Pengurus Cabang Gerakan Pemuda Ansor (PC-GP Ansor) Kota Kediri mengatakan, setidaknya sebanyak 18 anggota Ansor-Banser Kota Kediri diterjunkan di sembilan gereja di Kota Kediri untuk ikut serta mengamankan dan menciptakan kodusifitas wilayah. Kontinuitas bantuan pengamanan ini dilakukan untuk meningkatkan kewaspadaan menyusul maraknya aksi teror yang hangat mewarnai pemberitaan di media massa. “Tadi malem TNI-POLRI dan kita (Ansor-Banser,red) juga sudah melakukan penyisiran dan mapping area pengamanan,” jelasnya, Minggu (20/5).

Nantinya, lanjut Gus Wazid, sapaan akrab Ketua PC-GP Ansor Kota Kediri, mereka  akan membaur bersama TNI-POLRI, pengamanan pihak gereja hingga sejumlah unsur lainnya. Kebersamaan ini, sebagai wujud toleransi antar umat beragama dan komitmen bersama memberantas aksi terorisme yang dinilai tidak berperikemanusiaan.

“Kita sama-sama membaur dan menjunjung tinggi toleransi. Contohnya tadi malam kita bersama-sama, baik TNI-POLRI, Ansor-Banser dan Satgas Pemuda Salip Kuning di Gereja Vincentius di Jalan Veteran Kota Kediri,” kata Gus Wazid.

Sebelumnya, Kapolresta Kediri AKBP Anthon Haryadi bersama Dandim 0809 Kediri Letkol Kav Dwi Agung Sutrisno juga berpatroli di sejumlah gereja menggunakan sepeda motor di wilayah hukum Polresta Kediri. Pengamanan bersama ini dilakukan untuk menciptakan kondusifitas wilayah dan memberikan rasa aman serta nyaman pada para jemaat yang melaksanakan Misa. “Alhamdulillah berdasarkan input data dari sahabat Ansor – Banser yang bertugas di 18 gereja, sampai siang ini cipta kondusif masih tercipta di Kota Kediri,” pungkasnya.

Reporter: Angga Prasetya

Editor: Achmad Saichu

Follow Untuk Berita Up to Date