Antisipasi Kekurangan Air, Bupati Beri Bantuan Sumur Bor

Kediri, koranmemo.com-Seringnya kekurangan air di daerah barat sungai mengharuskan Pemkab Kediri menyuplai air melalui mobil tangki. Hal inilah membuat prihatin Bupati Kediri dr Hj Haryanti Sutrisno. Berawal dari keluhan kekurangan air inilah Pemkab Kediri Kamis (25/1) pagi memberikan bantuan sumur bor di Dukuh Lemah Jungkur Dusun Sumberdandang Desa Keniten Kecamatan Mojo.

Satu sumur bor ini untuk keperluan 200 KK di Dusun Sumberdandang Desa Keniten Mojo. Di Desa Keniten terdapat empat Dusun diantaranya Dusun Keniten, Baran, Lemah Jungkur, Sumberdandang dengan jumlah penduduk hampir 9000 jiwa. Sebagian besar pekerjaan warga adalah petani.

Kedalaman sumur bor ini mencapai 100 meter dan karakter daerah barat sungai dan timur sungai berbeda. Karena anggaran menyuplai air dengan jumlah puluhan tangki air besar maka sumur bor ini salah satu upaya agar warga kekurangan air.

Bupati Kediri dr Hj Haryanti Sutrisno berharap di wilayah Kabupaten Kediri tidak ada lagi yang kekurangan air. Salah satu jalan terbaik adalah memberikan bantuan sumur bor ini dengan harapan bisa dimanfaatkan dengan baik oleh warga.

“Kita berharap di Dusun Sumberdandang ini warga bisa menikmati dengan baik adanya bantuan sumur bor ini. Sehingga warga bisa menikmati air dengan baik tanpa harus menunggu pasokan air dari Pemkab Kediri dari mobil tangki air,” jelasnya.

Kehadiran Bupati Haryanti didampingi Sampurno Kepala Bagian Ekonomi, Edi Yuwono Kepala Dinas Pengairan dan Perumahan Rakyat, Sukemi Camat Mojo dan seluruh kepapla desa di wilayah Kecamatan Mojo. Bupati banyak berharap warga ikut memelihara sumur bor ini agar air bisa mengalir dengan baik.

Sampurno Kepala Bagian Ekonomi Pemkab Kediri mengatakan, selama ini banyak permintaan sumur bor di wilayah barat sungai. Selain di Keniten, permintaan untuk bantuan sumur bor ini ada di Desa Ngetrep dan Desa Petungroto. Untuk prosesnya tetap akan dilakukan sesuai prosedur.

“Sampai sejauh ini memang banyak pertimbangan kita lakukan atas permintaan warga. Karena permintaan tersebut dirasa mendesak, Bupati Kediri memberikan bantuan sumur agar warga tidak kesulitan mendapatkan air bersih saat musim kemarau ataupun musim penghujan,” katanya.

Hal yang sama di sampaikan Muhamad Udin Haryanto. Dia sangat berterimakasih atas bantuan sumur bor ini. “Bantuan ini sangat penting artinya untuk kehidupan masyarakat kami di desa kami. Saat ini menjadi penting artinya ada tambahan sumur bor ini demi kepentingan bersama. Kita berharap bantuan sumur bor ini di dusun ini tidak lagi kekurangan air di musim kemarau ataupun penghujan. Kepentingan sumur ini untuk keperluan warga di pertanian ataupun kehidupan sehari-hari,” katanya.(adv pemkab kediri)

Reporter: Bakti Wijayanto

Editor: Achmad Saichu

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.