Aktor Utama Tahanan Kabur Ditangkap

Tulungagung, Koran Memo – Tim Buru Sergap (Buser) Polres Tulungagung, Senin (08/02) menangkap tahanan kabur yakni Ony Supriandoko (31) warga Desa Bendogerit Kecamatan Sanan Wetan Kabupaten Blitar. Ony merupakan actor utama dalam aksi pelarian tahanan pada akhir bulan Nopember tahun 2015 silam. Ia ditangkap di wilayah Pangkalan Bun Kota Waringin Barat Kalimantan Tengah.

Kapolres Tulungagung AKBP FX Bhirawa Braja Paksa ketika mengiterogasi seputar pelarian Ony dari Rutan Mapolres Tulungagung kemarin (deny/memo)
Kapolres Tulungagung AKBP FX Bhirawa Braja Paksa ketika mengiterogasi seputar pelarian Ony dari Rutan Mapolres Tulungagung kemarin (deny/memo)

Kapolres Tulungagung, AKBP FX Bhirawa Braja Paksa mengatakan, penangkapan Ony berdasarkan keterangan yang diperoleh dari Andik Triono (26) warga Desa Batuaji Kecamatan Ringinrejo Kabupaten Kediri. Andik ditangkap oleh petugas dari Polres Kediri pada pada Jum’at (05/02) di pelabuhan Tanjung Perak.

Keduanya (Ony dan Andik) adalah residivis yang sudah malang melintang dalam kasus pencurian sepeda motor. Tercatat 30 aksi pencurian mereka lakukan di Kabupaten Tulungagung, Kediri, dan Blitar.

“Dari informasi yang didapat dari Andik, jika Ony terdeteksi berada di wilayah Dadiyut Kecamatan Arut Selatan Pangkalabun Kota Waringin Barat,” ungkapnya.

Tim buru sergap yang dipimpin langsung oleh Kasat Reskrim Polres Tulungagung, AKP Andria Diana Putra langsung dikerahkan ke wilayah Pangkalan Bun untuk memburu keberadaan Ony. “Sebenarnya keberadaan tersangka Ony yang diduga menjadi otak pelarian empat tahanan kabur ini sudah teridentifikasi sejak Desember lalu, namun lolos karena wilayah Pangakalan Bun itu sangat luas,” ujar Bhirawa.

Setelah mendapat data lokasi dan titik-titik persembunyian Ony, petugas langsung terbang ke Kalimantan dan melakukan operasi penggerebekan di sebuah rumah bedeng di wilayah Pangkalan Bun Kalimantan Tengah. “Pelaku sempat mencoba kabur sehingga terpaksa kami lakukan tembakan terarah ke kaki untuk melumpuhkan,” papar kapolres.

Bhirawa menjelaskan, tertangkapnya Ony melengkapi dua kali operasi penangkapan sebelumnya. Dua dari empat tahanan yang kabur dari ruang tahanan Mapolres Tulungagung pada 30 Novemer 2015, lebih dulu ditangkap. Kedua tahanan kabur yang lebih dulu ditangkap itu masing-masing atas nama Rendy Pratama Bustomi (19) dan Rohmad Faizal (31), tersangka kasus pencabulan.Mereka ditangkap saat kembali ke rumah orang tuanya di Tulungagung, setelah hampir dua hari kabur dan bersembunyi di berbagai lokasi di wilayah Blitar Jawa Timur.

Tersangka ketiga atas nama Andik Triono (27), ditangkap tim buser Polres Kediri saat bersembunyi di sekitar Pelabuhan Tanjung Perak. Bersama Ony, Andik Triono merupakan buron berbagai kasus pencurian sepeda motor di wilayah hukum Kediri serta beberapa kota/kabupaten lain, termasuk di Tulungagung.

Kisah pelarian mereka terjadi pada Senin (30/11) dini hari sekitar pukul 03.00 WIB dengan cara memanjat plafon ruang penjagaan yang ditinggal petugas. Aksi para tahanan saat kabur melalui plafon ruang penjagaan tersebut sempat terekam kamera CCTV (close circuit television) yang terpasang di ruang sudut-sudut lorong selasar tahanan maupun di depan ruang Satreskoba Polres Tulungagung. (den/Jb)