Aktivis Tuntut Nama Mejayan Diganti Caruban

Madiun, koranmemo.comSikap Pemkab Madiun yang tak kunjung mengubah nama Kota Mejayan menjadi Caruban memantik reaksi. Sejumlah aktivis LSM Pentas Gugat Indonesia (PGI) kembali melakukan aksi unjuk rasa di Taman Mejayan Asti Caruban, Senin (24/9).

Koordinator aksi, Sujono dalam orasinya menuntut Pemkab Madiun mencopot atau mengganti ikon fisik nama Kota Mejayan menjadi Caruban yang ada di 5 titik lokasi strategis. Yakni di Alun-alun Mejayan, Taman kota Mejayan, Pasar burung Mejayan, Gapura Barat dan Gapura Timur.

“Apabila dalam waktu stau minggu ikon fisik nama Kota Mejayan tidak diganti, kami akan tempuh jalur hukum. Karena Pemkab Madiun telah melakukan perbuatan melawan hukum,” katanya.

Diketahui, dalam Peraturan Pemerintah Nomor 52 Tahun 2010, tidak mengatur perubahan nama Kota Caruban menjadi Mejayan, tapi administrasi tentang pemindahan Pusat Pemerintahan Kabupaten Madiun.

Bahkan, dalam rapat paripurna DPRD Kabupaten Madiun pada 2 Februari 2018 lalu,  dewan telah menyetujui pengusulan Caruban sebagai nama Ibukota Kabupaten Madiun. Hanya saja sampai saat ini, dibeberapa titik nama Mejayan masih belum dihapus dan diganti Caruban.

Reporter Juremi

Editor Achmad Saichu

Follow Untuk Berita Up to Date