Aksi Dukung Palestina Dengan Doa Bersama

Jombang, koranmemo.com-Massa Aliansi Masyarakat Peduli Palestina memadati bundaran Ringin Contong, Minggu (17/12) pagi. Mereka yang merupakan perwakilan dari organisasi kemasyarakatan serta kemahasiswaan seperti GP Ansor, PMII, HMI, Pagar Nusa, KAHMI, Kokam, Banser, IPNU, IPPNU, menggelar aksi doa bersama untuk mendukung Palestina.

Rangkaian aksi ini dimulai sejak pukul 05.30 WIB dengan diawali Diba’ Kubro. Satu jam kemudian, massa menggelar Istighosah. Rangkaian acara terus berlanjut dengan tausiah dari beberapa tokoh agama yang kemudian disambung dengan pembacaan pernyataan sikap.

Salah satu perwakilan dari Aliansi Masyarakat Peduli Palestina membacakan pernyataan sikap yang isinya mendukung  kemerdekaan Palestina serta mengecam pernyataan Presiden Amerika Serikat Donald Trump yang secara sepihak mengakui bahwa Yerusalem adalah ibukota Israel.

“Hari ini ada lebih dari 5.000 orang berkumpul untuk melakukan doa bersama di sini (Ringin Contong). Ini merupakan bentuk dukungan kami di Indonesia untuk Palestina,” kata Ketua Cabang GP Ansor Kabupaten Jombang  Zulfikar Damam Ikhwanto atau Gus Antok disela aksi.

Gus Antok  mengungkapkan, pidato Donald Trump beberapa waktu lalu yang menyatakan Yerusalem sebagai ibukota Israel sangat melukai perasaan umat muslim. Untuk itu dirinya mengutuk keras pernyataan yang dinilai provokatif itu.

“(Pernyataan) harus dicabut. Ini sudah tidak soal agama lagi namun sudah pada kejahatan kemanusiaan. Kami mendukung pemerintah melakukan langkah-langkah diplomasi  agar PBB (Perserikatan Bangsa Bangsa) turun tangan menekan Trump mencabut pernyataannya demi ketenangan global,” ungkapnya.

Masih menurut Gus Antok, selain aksi doa bersama, juga dilakukan penandatanganan peryataan sikap dukungan terhadap kemerdekaan Palestina sekaligus menuntut Presiden Trump untuk mencabut pernyataannya.“Selanjutnya (pernyataan sikap) kita kirimkan ke Konjen Amerika Serikat yang ada di Surabaya melalui Forkopimda Jombang. Ini akan kami kawal penuh,” tandasnya.

Reporter: Agung Pamungkas

Editor: Achmad Saichu

Follow Untuk Berita Up to Date

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.