Air PDAM Macet, Ternyata Ini Penyebabnya

Malang, koranmemo.com – Setelah melakukan perbaikan jalur air menuju Dusun Setran Desa Bedali Kecamatan Lawang Kabupaten Malang, PDAM Unit Lawang kembali melakukan perbaikan karena air yang menuju ke dusun tersebut macet lagi.

Siswati  (35) warga  RT  02 RW 07 Dusun Setran mengunkapkan ,  memang  sebelumnya lancar namun beberapa hari terakhir ini mati lagi. Anehnya, lanjutnya, air PDAM diseberang  jalan lancar. “Heran saya meski pada malam hari air di saluran seberang tetap lancar meski kecil,” tandasnya.

Kepala Unit PDAM Lawang ,Agus Surhayadi St. saat ditemui dibkantornya Senin (24/09) membenarkan  adanya  laporan  pelanggan di Dusun Sebagai. “Komplin airnya  mati,  kami pun langsung tanggap dan berupaya mencari penyebab air mati dan  membenahi jalur yang rusak,” ucapnya.

Dikatakan, memang selama ini pihaknya  terus mengavaluasi sistem pipanisasi kedl Dusun Setran yang  tidak maksimal, di tambah lagi, bulan ini adalah ,musim  kemarau ,debit air sangat berkurang sekali,  apalagi  proyek jalan tol belum selesai.

“Dari hasil laporan anggota kami yang turun ke lapangan ternyata  tidak semua pelanggan di Dusun Setran airnya mati,  air PDAM setiap malam mengalir. Dan angota kami setiap hari selalu melakukan pengecekan,” imbuhnya.

Sementara itu, Kusprianto Kasi Teknik PDAM Lawang menambahkan, yang menyebabkan air mati di Dusun Setran karena ada oknum yang diduga, telah membuka ,pipa air jalur  pipa 3 dan pipa 4 menuju Desa Sidodadi dan Dusun Setran  tanpa seizin PDAM. “Akibatnya  air jurusan tersebut mati,  karena debit berkurang dan air tidak bisa lancar. Dengan adanya kejadian iti kami, terus malakukan pemantauan di lokasi tersebut,” ucapnya.

Reporter Agus. MH

Editor Achmad Saichu

Follow Untuk Berita Up to Date