Ada Telur Emas Raksasa di Swedia! Apa Itu?

Koranmemo.com – Apa kamu pernah melihat telur emas? Telur emas mungkin ada di film-film fantasi.  Tapi di Swedia ada telur emas betulan. Telur emas ini bentuknya adalah sebuah bangunan sauna. Telur emas ini bernama solar egg. Di dalamnya, ada sauna, atau tempat orang-orang menghangatkan diri.

Telur emas ini dibuat oleh dua seniman yaitu Mats Bigert dan Lars Bergstrom dengan perusahaan Riksbyggen. Telur ini dibuat di Kiruna, untuk menunjukkan budaya warga lokal Kiruna dengan kebiasaan sauna.

Solar egg dibuat sebagai simbol untuk matahari sebagai kreativitas, harapan, kepedulian dan kebersamaan. Bangunan sauna ini sekarang menetap di Gallivare, Swedia, di atas tempat yang bersalju.

Bangunan yang berwarna emas ini tampak mencolok di antara hamparan dataran yang warnanya putih karena tertutup salju. Tapi, telur emas ini juga”jalan-jalan” untuk dipamerkan di beberapa tempat lain di Swedia, yaitu berawal dari Kiruna, sampai ke negara lainnya di Eropa.

Menariknya, karea bagian luar telur ini dibuat dari pelat cermn berbahan stainless stell warna emas, jadi bayangan benda dan cahaya matahari terpantulkan dengan indah. Pelat emas ini juga merupakan panel surya.

Jadi ia menghasilkan energi untuk sauna di dalamnya.  Karena bentuknya yang indah, banyak turis berkunjung ke sana dan diperbolehkan melihatnya secara gratis.

Editor:  Della Cahaya

Follow Untuk Berita Up to Date