Ada Masalah di Yamaha? Rossi Tak Berharap Podium Catalunya

Italia, koranmemo.com - Tampil menjanjikan dengan keberhasilan podium di Argentina dan Amerika, performa pabrikan garpu tala menurun drastis kala mengaspal di Jerez, Le Mans serta Mugello.

MotoGP Italia bahkan disebut salah satu putaran terburuk bagi Valentino Rossi. Balapan kandang yang seharusnya berakhir kegembiraan, justru menghadirkan kepahitan. Start dari grid ke-18 dan lalu terjatuh.

Setali tiga uang. Rekan setim Maverick Vinales juga tak mampu konsisten berada di barisan depan. Yamaha pun dihadapkan musim ketiga beruntun, yang mana tampaknya tidak mungkin untuk berburu gelar juara.

Ditanya perihal tren penurunan skuat Yamaha usai awal musim yang solid, Ross tidak menolak. “Saya pikir terjadi pada 2016, 2017, 2018 dan juga sekarang.Bagi saya itu karena lawan kami membawa banyak barang baru dan mereka membutuhkan beberapa balapan untuk set-up. Biasanya kami lebih siap di awal karena kami mencoba banyak komponen terbaik. Kami menggunakan keunggulan ini di awal karena yang lain tidak siap.Tapi setelah itu, ketika yang lain memperbaiki masalah, kami justru kesulitan,” katanya seperti dilansir motorsport.com.

Menurutnya, sampai paruh pertama 2016, mungkin Yamaha adalah motor yang lebih kuat di grid. “Dengan [ban] Bridgestone pada 2015, saya bertarung melawan [Jorge] Lorenzo untuk kejuaraan dan kami berdua mencetak lebih dari 320 poin. Jika Anda melihat pabrikan sudah 650 poin, itu jumlah yang luar biasa. Tapi setelah, dari paruh kedua 2016, yang lain membuat perbaikan besar – dan sepertinya kami tertunda karena di tahun-tahun terakhir, sejujurnya, jika Anda melihat performa kami, waktu lap kami, kami kurang lebih sama. Bagi saya ini masalah.”

Walau spek YZR-M1 2019 kalah dalam hal top speed dibandingkan para rival, Rossi rupanya merasa nyaman dengan motor Yamaha tersebut. Dan berkaca pada hasil balapan sebelumnya, The Doctor tak berharap bakal menjadi penantang podium di Catalunya pekan depan. Saya suka Catalunya, juga Mugell, Le Mans, serta Assen. Saat ini adalah trek yang saya sukai,” ucapnya.

Namun demikian pemilik nomor 46niji menegaskan akan tetap terkonsentrasi dan berusaha untuk tidak membuat kesalahan selama latihan. “Mungkin banyak waktu kami gunakan untuk mencoba hal berbeda karena kami adalah tim pabrikan, jadi saya ingin mencoba meningkatkan motor. Mungkin tetap lebih fokus dan berusaha maksimal. Namun bagi saya, dengan situasi ini, sangat sulit untuk bertarung demi podium di Barcelona.”

Editor Achmad Saichu

Follow Untuk Berita Up to Date