Ribuan Warga Datangi Kampung Inggris di Pare

Kediri, koranmemo.com – Tercatat rata – rata 2000 orang turun di Stasiun Kediri pasca libur hari raya idhul fitri. Kebanyakan mereka balik ke Kediri untuk menuntut ilmu baik ke kampung Inggris di Pare atau ke beberapa pondok pesantren yang ada di Kediri.

Manajer Humas Daop 7 Madiun, Ixfan Hendriwintoko mengatakan, terhitung mulai 26 Mei sampai 11 Juni terdapat 33.354 penumpang yang menggunakan transportasi kereta api dari wilayahnya. Jumlah itu mengalami peningkatan dibanding tahun sebelumnya dengan waktu yang sama dengan hanya 32.457 penumpang.

“Stasiun Madiun masih yang terbanyak dengan total 117.159 penumpang, disusul Stasiun Blitar sebanyak 62.065 penumpang, dan Stasiun Kediri 61.923 penumpang,” ujarnya, Rabu (12/11).

Adapun pasca hari raya idhul fitri setiap stasiun masih ramai penumpang baik yang naik atau turun. Terkait penumpang yang naik atau turun dari Stasiun Kediri sangat ramai dengan rata – rata setiap hari mencapai 4 ribu penumpang.

Uniknya, Stasiun Kediri jumlah penumpang yang turun lebih banyak dibanding jumlah penumpang yang naik. Tercatat pada Selasa (11/6) jumlah penumpang yang naik di Stasiun Kediri sebanyak 1.900 orang sedangkan yang turun sebanyak 2.037 orang. Rabu (12/6) mengalami penurunan penumpang, dengan jumlah yang naik sebanyak 1.547 orang, dan yang turun sebanyak 1.882 orang.

“Pasca hari raya ini, di Stasiun Kediri paling berbeda karena banyak penumpang yang turun dibanding yang naik. Berbeda dengan kondisi stasiun lain di Daop 7 Madiun yang rata – rata banyak yang naik karena kembali ke Jakarta, Jogjakarta, atau ke Bandung,” jelasnya.

Terpisah, Kepala Stasiun Kediri Effandi menduga banyak penumpang yang turun dari stasiun Kediri lantaran akan berkunjung ke Kampung Inggris Pare, atau kembali ke Pondok Pesantren. “Rata – rata per hari yang turun di sini sekitar 2000 an orang,” ujarnya.

Salah satu penumpang dari Garut, Arief Wicaksono mengatakan, memanfaatkan libur kuliah untuk belajar Bahasa Inggris di Pare selama sekitar 1 bulan. Kegiatan itu sudah sering dia lakukan selama musim libur perkuliahan. “Sudah tiga kali ini datang ke Kediri,” katanya.

Reporter : Zayyin Multazam Sukri

Editor : Achmad Saichu

Follow Untuk Berita Up to Date