8 Pantangan Wanita Seusai Facial

Koranmemo.com – Bagi wanita, merawat wajah dengan bantuan klinik kecantikan bisa merupakan salah satu kebiasaan bahkan kewajiban. Perawatan dari klinik seperti facial, mikrodermabrasi, hingga laser adalah langkah perawatan wajah penting untuk membantu bekerjanya skincare yang dikenakan setiap hari.

Facial dan perawatan klinik lainnya bukan lah treatment yang murah, jadi sayang rasanya bila hasilnya tak maksimal hanya karena para wanita tak tahu apa saja yang harus dihindari setelah menjalaninya.  Apa saja yang tidak boleh dilakukan setelah facial?  Simak artikel ini terus ya..

  1. Memencet jerawat dan terlalu sering menyentuh wajah

Kedua hal ini sebenarnya patut dihindari kapan pun, tak hanya setelah facial. Namun keadaan kulit yang lebih sensitif setelah facial akan buat luka bekas jerawat yang kamu pencet jadi lebih dalam dan sulit dihilangkan. Jadi, sabar saja bila setelah facial masih ada whitehead atau blackhead yang tak diekstraksi karena itu artinya jerawat tersebut belum “matang” dan siap dikeluarkan!

  1. Menggunakan makeup tebal

Setelah facial atau laser treatment, wajah akan terlihat kemerahan, itu wajar. Hal ini akan mereda dengan sendirinya pada keesokan harinya. Tahan dulu untuk menutupinya dengan concealer atau foundation apalagi yang full coverage. Efek deep cleanse dari facial adalah pori-pori kulit terbuka lebih besar dibanding biasanya. Hal ini memudahkan kulit untuk menyerap bakteri.

Selain itu, penghentian penggunaan makeup secara sementara ini memberi kesempatan untuk serum, krim atau peeling cream untuk bekerja lebih efektif.

  1. Menggunakan sauna

Berikan waktu satu hingga dua hari sebelum menggunakan sauna. Kulit telah mengalami steaming maksimal saat facial, jadi memberikan udara dan uap panas setelahnya akan bikin kulit makin sensitif dan memancing pecahnya pembuluh darah di bawah kulit wajah.

  1. Nge-gym

Tunggu dulu minimal sehari sebelum mulai workout lagi. Suhu panas pada tubuh yang menyebar ke kulit wajah serta keringat dapat mengiritasi kulit yang baru saja dieksfoliasi. Bila ingin sekali nge-gym, maka pastikan saja jadwal workout kamu sebelum facial appointment agar kulit memiliki waktu untuk tenang.

  1. Menggunakan eksfoliator atau face scrub

Ada alasannya kenapa disarankan untuk menggunakan face scrub atau produk eksfoliasi hanya dalam satu atau dua kali perminggu. Karena over-exfoliating dapat merusak lapisan perlindungan kulit yang bisa mengakibatkan inflamasi, dan mengakibatkan kerusakan yang permanen. Hampir semua facial memuat eksfolian baik chemical atau physical, jadi hindari penggunaan produk harsh yang bisa mengiritasi kulit selama 3 hingga 4 hari setelah facial.

  1. Mengaplikasikan produk untuk jerawat dan perawatan rumah

Beri jeda 3 hingga 4 hari untuk kulit sebelum menggunakan produk perawatan kulit wajah seperti retinol, face mask, peels, dan cleanser serta toner dengan salicylic acid. Produk-produk yang mengandung formula tersebut akan mengubah kulit cerah dan berkilau setelah facial jadi merah. Mending, tanya dulu rekomendasi pada dokter kulit atau aesthetician produk apa yang bisa digunakan setelah facial.

  1. Berjemur

Hindari dulu rencana duduk-duduk di pinggir kolam renang atau pantai 3 hingga 4 hari setelah facial.  Kulit yang baru diekfoliasi jadi lebih sensitif dan lemah terhadap sinar UV. Tunggu dulu beberapa hari dan selalu kenakan sunscreen dengan SPF 30 atau lebih tinggi untuk melindungi kulit dari bahaya kanker.

  1. Wax dan laser treatment

Jangan dulu me-wax atau mengangkat bulu alis atau upper lips dengan laser hingga seminggu setelah facial. Tak mau kan, alih-alih pamer alis cantik, malah dapat luka karena waxing?

Editor : Della Cahaya

Follow Untuk Berita Up to Date