76 Pelajar SMA-SMK Kediri Ikuti FLS2N dan O2SN

Kediri, koranmemo.com –– Sebanyak 76 pelajar SMA-SMK Kediri dikirim mengikuti seleksi tingkat provinsi Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) dan Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN).Para pelajar dari SMA dan SMK Negeri/Swasta tersebut, akan menunjukkan bakat mereka sesuai dengan bidang lomba yang diikuti.

Pelaksanaan seleksi FLS2N dan O2SN tingkat provinsi untuk siswa SMA mulai tanggal 22 sampai 26 Juli, di Kota Batu. Sedangkan untuk siswa SMK, dilaksanakan mulai tanggal 23 sampai 25 Juli di Kota Surabaya dan Sidoarjo. “Untuk FLS2N di Surabaya, untuk O2SN di Sidoarjo. Untuk SMK, kami mengirimkan 34 siswa untuk FLS2N dan 12 siswa untuk O2SN,” jelas Kasi Pendidikan SMK Cabdindik Provinsi Jawa Timur Wilayah Kota dan Kabupaten Kediri, Sidik Purnomo, Kamis (11/7).Sebelumnya, para siswa tersebut terlebih dulu mengikuti tahap seleksi yang dilakukan oleh pihak sekolah baik dari Kota maupun Kabupaten Kediri. Ada lima bidang lomba FLS2N yang diikuti oleh siswa, di antaranya lomba solo gitar klasik, tari tradisional, teater, membuat film pendek, dan musik tradisional daerah.

Sebanyak 34 siswa yang menjadi wakil Kediri, mengikuti lima bidang lomba. Untuk O2SN yang diikuti oleh 12 siswa, mereka mengikuti cabang olahraga atletik, renang, bulu tangkis, pencak silat, dan karate. “Ini masih ada waktu, jadi siswa dan pihak sekolah masih bisa melakukan persiapan sehingga memperoleh hasil yang maksimal,” sahut Sidik.

Sidik berharap, para siswa yang menjadi wakil Kediri tersebut, tidak hanya menjadi ajang pembuktian bakat yang mereka miliki. Dengan mengikuti kegiatan seperti ini, dapat mendorong kreativitas, sportif, tanggungjawab, dan kerja sama antar siswa. Karena, beberapa bidang lomba adalah kategori beregu.

Selain itu, dapat meningkatkan prestasi non akademik sesuai dengan bidang yang diminati oleh siswa. Dengan demikian, siswa tidak hanya memperoleh nilai tambah dari bidang non akademik, namun juga memperoleh pengalaman untuk melanjutkan di jenjang yang lebih tinggi. “Terlebih lagi, beberapa perusahaan juga ada yang memberikan nilai tambahan bagi siswa yang mempunyai kemampuan di bidang non akademik,” tutur Sidik.

Sementara itu, Kasi SMA dan PK-PLK Cabdindik Provinsi Jatim Wilayah Kota dan Kabupaten Kediri, Prayitno mengatakan, untuk siswa SMA yang mengikuti FLS2N tercatat sebanyak 14 siswa, untuk ajang O2SN diikuti 16 siswa. Memang ada perbedaan antara FLS2N dan O2SN siswa SMA dan SMK, seperti penilaian.

Terlebih lagi, pada FLS2N SMA, ada 9 bidang lomba yang diperlombakan dan 3 diantaranya sama dengan FLS2N SMK, yaitu gitar solo, tari kreasi, dan  film pendek. Bidang lomba yang lain untuk siswa SMA seperti baca puisi, monolog, vokal solo, cipta puisi, desain poster, dan seni kriya. “Ada tema di masing-masing bidang lomba. Tapi,pemberitahuannya mendekati hari H sehingga kreatifitas siswa benar-benar diuji,” ujar Prayitno.

Reporter : Okpriabdhu Mahtinu
Editor Achmad Saichu

Follow Untuk Berita Up to Date