7.863 Jiwa Terancam Bencana Kekeringan

Ponorogo, koranmemo.comBadan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Ponorogo menyatakan status siaga bencana kekeringan tahun ini. Hal ini menyusul ribuan warga Ponorogo berpotensi terdampak bencana kekeringan.

Dari data BPBD Ponorogo tercatat sedikitnya 7.863 jiwa di 22 Desa yang ada di 10 kecamatan masuk kategori rawan bencana kekeringan. BPBD pun mengeklaim kemarau panjang yang melanda Ponorogo akan terjadi hingga September mendatang.

Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Ponorogo, Setyo Budiono mengatakan pihaknya telah melakulan pemetaan lokasi terdampak. Kendati demikian, pihaknya belum melakukan droping air bersih mengingat hujan masih terjadi di beberapa wilayah di Ponorogo dengan intensitas kecil.

” Sarpras kendaraan tangki sudah kita siagakan,  sudah kita petakan sejak sebulan yang lalu,  dengan melihat data kekeringan sebelumnya,  lalu. Kita survei kembali di lapangan terkait kemungkinan sumber-sumber air yang ada,  lalu tandon air yang sudah terpasang kita kontrol kondisinya,” ujarnya, Kamis (13/6).

Diimbau kepada warga terdampak untuk tidak panik menghadapi musim kemarau tahun ini. Pasalnya Pemkab dan Pihaknya akan rutin melakukan droping air bersih setiap saat.” Akan kita droping bila situasinya sudah sangat penting. Saat ini kami himbau untuk tidak menggunakan air diluar keperluan,” pungkasnya.

Reporter Zainul Rohman

Editor Achmad Saichu

Follow Untuk Berita Up to Date