6 Teori Penggemar Harry Potter Paling Menarik

Koranmemo.com-Sepuluh tahun berlalu sejak buku ketujuh Harry Potter diterbitkan dan tujuh tahun sejak film ketujuh Harry Potter ditayangkan, para penggemar cerita fantasi ini masih belum bisa berpaling.  Apalagi, sebentar lagi, spin-off dari Harry Potter, Fantastic Beasts, akan segera rilis di bioskop.  Para penggemar dunia sihir karya J.K Rowling seolah diajak kembali ke dunia dimana Harry Potter hidup.  Ditambah, penulis naskah untuk film tersebut adalah J.K Rowling sendiri.  Dan kabarnya, di film yang kedua nanti, penonton akan diajak kembali ke Hogwarts, tempat impian para penggemar Harry Potter.

Selama ini, J.K Rowling memang sudah dikenal aktif di media sosial, terutama Twitter.  Dia mengaku suka merespon para penggemar Harry Potter, terutama ketika mereka mulai mengungkapkan teori-teori mereka tentang alur dan penokohan di dalam Harry Potter.  Beberapa teori memang  terdengar “gila”, namun J. K Rowling tetap menanggapinya.  Menurutnya, penggemar Harry Potter sangat  kreatif dan memiliki imajinasi yang sama “gilanya” dengan dirinya.

Apa saja teori-teori dari para penggemar Harry Potter yang paling “gila”?  Koranmemo.com merangkum 6 teori tersebut, dan salah satu di antaranya sudah terbukti benar!

  1. Ron adalah Dumbledore

 

Teori “gila” ini memaparkan bahwa Ron Weasley menjelajahi waktu dan  sebenarnya dia adalah Dumbledore di waktu muda.  Memang terdengar tidak mungkin, namun para penggemar tidak menyampaikan teori ini tanpa alasan.  Yang pertama adalah kemiripan di antara keduanya berdasarkan deskripsi yang dibuat ole J.K Rowling.  Masing-masing dideskripsikan sebagai pemuda yang tinggi dan kurus, dengan hidung panjang, rambut merah dan tangan atau jari-jari panjang.

Dalam salah satu bagian di buku pertama, Dumbledore mengklaim pernah memakan permen Bertie Bott rasa muntahan waktu dia masih muda.  Tapi, yang jadi pertanyaan adalah Bertie Bott baru ada ketika Dumbledore sudah berusia sekitar 90 tahun, lalu mengapa dia mengatakan saat masih muda?  Kita semua tahu, 90 tahun bukan usia muda lagi.  Lebih lanjut, Dumbledore juga tahu apa yang Ron lihat di cermin Erised. Padahal seharusnya, tidak ada orang lain yang tahu, karena apa yang setiap orang lihat berbeda-beda.

Meskipun teori ini menarik, namun JK sudah merespon teori ini lewat twitter-nya dengan mengatakan false theory alias teori yang salah.

  1. Draco Malfoy adalah Manusia Serigala

Teori ini mengatakan bahwa Draco Malfoy digigit oleh Fenrir Greyback, di antara akhir Order of the Phoenix dan awal The Half Blood Prince, sebagai hukuman untuk Lucius Malfoy karena gagal mendapatkan ramalan di Order of the Phoenix.

Teori ini didukung dengan fakta, Draco tiba-tiba terlihat pucat dan sakit di The Half Blood Prince.  Greyback juga dikenal suka menggigit anak dari orang-orang sebagai hukuman untuk dosa-dosa mereka (hal ini yang terjadi pada Remus Lupin).  Draco juga tidak bisa menjadi pelahap maut karena Harry berkata dia adalah pelahap maut, dan perlu diketahui kalau Harry selalu salah!  Ini menjelaskan mengapa keluarga Malfoy akhirnya berkhianat kepada Voldemort di The Deathly Hallows (Relikui Kematian).

Tapi sekali lagi, JK membantah teori ini dan juga teori yang mengatakan bahwa Snape adalah vampir.

  1. Neville dan Luna Akhirnya Bersama

 

Teori yang banyak penggemar berharap ini benar.  Neville Longbottom yang lembut namun berhasil membunuh salah satu horcrux Voldermort serta Luna Lovegood yang aneh tapi pintar seharusnya bisa menjadi pasangan yang manis.

Tapi sayangnya, JK sudah mengatakan, Neville akhirnya akan menikahi Hannah Abbott, gadis dari asrama Hufflepuff.  Kemudian dia juga mengatakan di JK Rowling, A Year in the Life,  pada akhirnya Luna akan menikah dengan cucu Newt Scamander, Rolf dan mempunyai putra kembar.

Meskipun di film The Deathly Hallows Part 2, Neville memang terlihat tergila-gila pada Luna, namun memang harus diakui, jika semua orang di Harry Potter bisa menikah dengan cinta pertamanya, itu akan menjadi aneh.

  1. Fawkes adalah horcrux dari Dumbledore

Teori ini sempat membuat JK Rowling merasa kesal.  Mengapa?  Untuk membuat horcrux, seorang penyihir harus membunuh seseorang dan membagi jiwanya.  Makanya, JK kesal karena tokoh protagonis yang dia ciptakan dianggap bisa melakukan hal sekeji itu.

Beberapa hal yang memunculkan teori ini adalah, yang pertama, Fawkes dan Dumbledore sepertinya tahu banyak tentang horcrux.  Hubungan di antara Fawkes dan Dumbledore juga telihat mirip dengan hubungan antara Voldemort dengan horcrux kesayangannya, Nagini.  Kemudian penggemar juga beranggapan Dumbledore pasti pernah menggunakan sihir hitam di masa mudanya karena dia takut dia mungkin bisa membunuh saudara perempuannya.  Jadi mungkin, dia menggunakannya untuk membuat horcrux.

Tapi bayangan bahwa Dumbledore membuat horcrux terasa aneh mengingat Dumbledore bahkan tidak membunuh Penyihir Hitam Grindelwald setelah mengalahkannya.  Hal itu bukan merupakan hal yang dilakukan oleh seorang pembunuh.  Ya, mungkin dia tanpa sengaja membunuh saudarinya, Ariana.  Tapi membagi jiwanya?  Hmm…sepertinya tidak mungkin.

JK pun juga dengan tegas membantah teori tersebut dan mengatakan: “Kalau ada yang percaya teori ini, saya merasa kecewa”.

  1. Keluarga Dursley membenci Harry karena dia adalah horcrux

Teori yang ini menyebutkan bahwa keluarga Dursley memperlakukan Harry dengan sangat buruk bukan karena mereka adalah orang jahat—paling tidak, selama 11 tahun mereka membiarkan Harry tinggal di rumah mereka meskipun sebenarnya mereka bisa meletakkan Harry di panti asuhan.  Menurut teori ini, horcrux yang berada di dalam tubuh Harry lah yang membuat mereka menjadi jahat kepada Harry.  Seperti yang pendan lakukan kepada Ron Weasley di The Deathly Hallows.

Sayangnya, ada dua masalah dalam teori ini.  Pertama, Harry sebenarnya bukan horcrux yang sebenarnya.  Dia hanya mempunyai pecahan jiwa Voldemort di dalam dirinya.  Menurut JK, dalam definisinya, sebuah horcrux harus dibuat sendiri oleh pemiliknya.  Tapi kasus di antara Voldemort dan Harry tidak demikian.  Jadi Harry memang hampir menjadi horcrux tapi Harry bukanlah hal jahat.

Yang kedua, di Pottermore, JK mengatakan, Petunia membenci Harry karena dia cemburu dengan Lily dan sihirnya, sementara Vernon membencinya karena dia menyimpan dendam kepada James Potter.

Jadi kesimpulannya, keluarga Dursley hanyalah orang-orang yang buruk.

 

  1. Dumbledore adalah Kematian

Ada satu teori yang tidak disangkal oleh JK.  Masih ingat tentang teori Dumbledore adalah kematian?  Ada teori yang mengatakan, karakter-karakter dalam Harry Potter berkaitan dengan yang disebut dalam buku kumpulan kisah yang dimiliki Hermione, Beedle The Bard, yakni Three Brothers (Tiga Bersaudara).  Sebuah kisah  dimana relikui kematian disebutkan.

Bukan hanya karena relikui kematian ternyata bukan hanya sekadar cerita dongeng dan benar-benar ada, teori para penggemar ini mengatakan, karakter yang ada di kisah tersebut adalah cerminan dari karakter-karakter Harry Potter. Teori itu mengatakan, tiga bersaudara tersebut adalah Voldemort, Snape dan Harry (dari yang tertua hingga termuda) dan Dumbledore adalah kematian.

Bagaimana pandangan JK tentang teori ini?   Dalam akun twitter-nya, ketika JK ditanya oleh seorang penggemar, “Apa teori penggemar favoritmu?” Jawaban JK membuat para penggemarnya tersenyum: “Teori Dumbledore adalah kematian. Itu indah dan tepat.”

Editor: Della Cahaya Praditasari

Follow Untuk Berita Up to Date