5 Alasan Surabaya Menjadi Kota yang Layak untuk Investasi Properti

Koranmemo.com – Belakangan geliat properti di Kota Surabaya semakin terasa, hal ini dapat dilihat dari maraknya pembangunan rumah di Kota Pahlawan tersebut. Maraknya pembangunan rumah di Surabaya ternyata menjadi magnet bagi para pencari rumah dijual untuk bertempat tinggal di sana. Berdasarkan data portal properti Lamudi, Surabaya merupakan kota terbanyak ketiga yang dicari oleh pencari rumah, diurutan pertama ada Jakarta kemudian disusul oleh Bandung.

Tentu bukanlah tanpa alasan mengapa Surabaya banyak dilirik oleh pencari rumah dijual, salah satunya karena kota ini menjadi salah satu kota besar di Indonesia yang dilengkapi dengan berbagai fasilitas umum yang memadai, seperti ada pusat pendidikan, industri, pusat hiburan hingga rumah sakit.

Tidak hanya layak untuk dihuni oleh pencari rumah dengan motivasi untuk ditinggali, Kota Surabaya ternyata juga sangat cocok bagi mereka para investor properti yang mengharapkan keuntungan dari sewa properti ataupun capital gain. Nah, bagi Anda yang ingin menanamkan investasi properti di Surabaya, berikut ini adalah 5 alasan mengapa Surabaya menjadi kota yang layak untuk investasi properti.

Tingkat Pertumbuhan Ekonomi yang Tinggi

Salah satu alasan mengapa Surabaya dianggap menjadi kota yang sangat potensial untuk investasi properti karena pertumbuhan ekonomi di meningkat setiap tahunnya. Berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik Kota Surabaya pertumbuhan ekonomi di Surabaya meningkat dari tahun 2009 lalu 5.53 persen kemudian meningkat tahun 2013 lalu menjadi 7,34 persen.

Kenaikan Harga Rumah yang Tinggi

Salah satu minat investor untuk menanamkan investasinya di suatu daerah  adalah pergerakan harga rumah. Jika ditelisik ternyata kenaikan harga rumah di Surabaya meningkat setiap tahunnya, contohnya seperti rumah, kenaikan harga rumah dijual di sana sekitar 13 persen – 20 persen per tahunnya. Rata-rata harga rumah dijual di Surabaya mencapai Rp 12.423.434 per meter persegi, daerah yang paling banyak di cari di Surabaya adalah Rungkut, Wiyung dan Citraland.

Sementara untuk harga apartemen rata-rata di sana mencapai Rp 14,166,667 per meter persegi. Daerah yang paling banyak diincar oleh pencari apartemen di Surabaya adalah Kertajaya, Citraland, Darmo Permai.

Pembangunan Infrastruktur

Infrastruktur menjadi salah satu tulang punggung berkembangnya bisnis jual rumah di suatu kawasan. Berkaitan dengan hal tersebut, saat ini di Surabaya sedang marak dibangun sarana infrastruktur yang dapat membantu mobilitas masyarakatnya contohnya seperti pembangunan Jalan Lingkar Barat Luar (JLBL), Jalan Lingkar Timur Luar (JLTL) dan Jalan Lingkar Dalam Timur (JLLDT) atau yang biasa dikenal dengan nama Middle East Ring Road (MERR) IIC.

Tidak hanya itu, Pemkot Surabaya juga saat ini tengah membangun transportasi massal baru melalui program Angkutan Massal Cepat (AMC) berupa trem dan monorel. Sehingga memudahkan aktivitas masyarakat di sana.

Kota yang Dipenuhi dengan Universitas

Tahukah Anda di sana selain terkenal sebagai tempat wisata, Surabaya juga banyak berdiri universitas, fakta ini sangat cocok untuk Anda para investor properti yang mengharapkan keuntungan dari sewa properti. Wilayah yang banyak berdiri universitas di sana adalah wilayah Surabaya Timur.

Kota yang Aman

Surabaya menjadi salah satu kota yang aman untuk ditinggali, karena angka kriminalitas di sana menurun setiap tahunnya. Berdasarkan data dari Polrestabes Surabaya, angka kriminalitas di Surabaya tahun 2017 menurun jika dibandingkan tahun 2016. Sepanjang tahun 2017 terjadi 3.543 kasus, sementara untuk tahun 2016 mencapai 3.543 kasus.

Editor: Della Cahaya Praditasari

Follow Untuk Berita Up to Date