40 Grup Barongsay Penuhi Jalanan Kota

Share this :

Kediri,koranmemo.com – Jalanan di Kota Kediri, Minggu (23/4) semarak dengan atraksi kesenian khas Tionghoa, barongsay. Ada 40 grup barongsay dari berbagai wilayah di Indonesia yang unjuk gigi menghibur warga kota yang sedari pagi sudah menunggu di tepi sejumlah ruas jalan utama.

Atraksi kolosal barongsay ini merupakan bagian dari rangkaian perayaan hari jadi Klenteng Tjoe Hwie Kiong Kediri ke 200 tahun. Tidak hanya barongsay, kesenian tradisional khas Kediri, jaranan juga tampil dalam perayaan tersebut. Rombongan kesenian ini dikirab melalui rute mulai lokasi klenteng di Jalan Yos Sudarso, lalu ke Jalan Hasanudin, Jalan Basuki Rahmat, Jalan Dhoho, Jalan Pattimura, Jalan Kilisuci, Jalan Brigjen Katamso, Jalan Panglima Sudirman, Dan kembali menuju klenteng.
Warga Tionghoa mulai anak-anak hingga lansia terlihat mengikuti kirab. Terlihat pula arak-arakan sesaji dan timbang ikut dikirab.
Sementara itu, untuk mengatur lalu lintas, sedikitnya 100 petugas dikerahkan. Kasi Keselamatan Lalu Lintas Dishub Kota Kediri, Ferdy mengungkapkan personel yang dikerahkan berasal dari berbagai unsur, seperti Dishub, satlantas, TNI, banser, dan sabhara. “Personel kita sebar di 13 titik persimpangan untuk mengantisipasi agar tidak terjadi kemacetan,” ujarnya.
Reporter : Yachya Muchamad
Editor : Vrian Triwidodo
Facebook Comments
Follow Us

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *