4 Titik Jadi Sasaran Sweeping

Antisipasi Demontrasi ke Jakarta

Tulungagung, koranmemo.com – Petugas gabungan yang terdiri dari Polres Tulungagung, Kodim 0807, Polisi Militer, Satpol PP, Dishubkominfo, dan Dinkes Kabupaten Tulungagung, melakukan sweeping bagi masyarakat yang ikut demontrasi ke Jakarta, Kamis (1/12). Empat titik tersebut meliputi stasiun kereta api Jl Pangeran Antasari, terminal Gayatri Jl Yos Sudarso, perbatasan Tulungagung-Kediri dan Tulungagung-Trenggalek.

Sweeping tersebut digelar secara serentak mulai pukul 07.00 hingga 17.00 WIB. Hingga berita ini ditulis, tidak ada warga yang berangkat ke Jakarta untuk mendukung aksi jilid III itu.

Sweeping di terminal, petugas gabungan mengecek bus antar provinsi. Namun hasilnya tidak ada yang berangkat ke Jakarta. Polisi hanya menemukan orang tua yang membawa bungkusan berada di tas kresek.

Bungkusan itu sempat diperiksa tapi tidak ada yang membahayakan. Dia salah satu penumpang bus yang diperiksa. Karena orang tua tersebut memakai peci putih. Ternyata orang tua tersebut hendak ke Pati Jawa Tengah.

Wakapolres Tulungagung Kompol I Dewa Gde Juliana yang memimpin sweeping mengatakan sweeping ini merupakan instruksi dari Kepolisian Daerah (Polda) dan Markas Besar (Mabes). Hal itu untuk mengantisipasi, memonitor dan mendeteksi dini kepada warga Tulungagung yang hendak ke Jakarta. “Sweeping dalam rangka memantu gerakan menuju Jakarta,” ujarnya.

Apabila ada warga yang hedak mengikuti demontrasi, lanjut orang nomor dua di PolresTulungagung ini akan diberi pengarahan supaya tidak mengikuti gerakan itu. “Karena apabila terjadi sesuatu di Jakarta, yang pasti kami dan pemerintah daerah ikut bertaggungjawab,” jelasnya. (yop/Jb)

Follow Untuk Berita Up to Date