4 Pemilih Siluman Nyobolos, Satu TPS Bancangan PSU

Ponorogo, koranmemo.com – Satu Tempat Pemungutan Suara ( TPS) di Desa Bancangan Kecamatan Sambit melakukan Pemungutan Suara Ulang ( PSU) dalam Pemilu 2019 ini, Kamis (25/4). Hal ini dipicu, terbongkarnya 4 warga luar daerah yang terdiri dari Warga Kabupaten Probolinggo, Malang, Situbondo, dan Kalimantan, yang tidak terdaftar ( siluman.red) di TPS 6 Dukuh Tengger Desa Bancangan, tanpa Form A-5 mecoblos pada 17 April lalu.

Proses PSU ulang di TPS dengan Daftar Pemilih Tetap ( DPT) 292 orang dan 1 orang DPT Tambahan ini, berjalan dengan kawalan ketat dari Polres Ponorogo.

Sementara itu hingga pukul 15.00 sore, jumlah perstisipasi warga yang menggunakan suaranya dalam PSU di TPS 6 mencapai 208 orang, sedangkan 85 orang lainnya memilih tidak menggunakan suaranya dalam coblosan Pilpres dan DPR-RI ulang ini.

Sedangkan perolehan suara Pilpres berdasarkan Form C-1 plano, Capres 01 Jokowi-Amin mendapat 163 suara, sedangkan Capres 02 Prabowo-Sandi 41 suara, dan 4 suara tidak sah.

Komisoner Devisi Perencanaan dan Data KPUD Ponorogo, Munajat membenarkan penurunan partisipasi warga pada PSU di TPS 6 Bancangan Kecamatan Sambit ini. Ia mengungkapkan, hal ini diakibatkan banyak warga yang enggan memberikan suaranya. ” Untuk partisipasi pemilih menurun, kalau 17 april itu 227 orang, sekarang tinggal 208,” ujarnya.

Munajat, mengungkapkan dalam PSU di TPS 6 Bancangan pihaknya hanya menyediakan 2 kertas suara saja. Yakni Pilpres dan DPR-RI karena 4 warga yang tidak terdaftar DPT di TPS 6 hanya memcoblos dua kertas suara tersebut. ” Hanya Pilpres dan DPR-RI saja yang kita ulang karena yang dicoblos kemarin yang cuman 2 itu,” pungkasnya,

Reporter Zainul Rohman

Editor Achmad Saichu

Follow Untuk Berita Up to Date