4 Manfaat Kulit Pisang Dalam Kehidupan Sehari-hari

Koranmemo.com – Setelah makan pisang, kulitnya jangan buru-buru dibuang.  Kulit pisang ternyata memiliki banyak manfaat untuk kehidupan sehari-hari.  Bukan hanya daging buahnya, kulit pisang juga mengandung nutrisi, seperti  karbohidrat, magnesium, vitamin B dan serat.  Berikut beberapa manfaat kulit pisang yang bisa kita praktikkan di rumah.

  1. Makanan dan Bahan Masakan

Di beberapa negara, kulit pisang ternyata dimanfaatkan untuk bahan masakan.  Salah satunya India.  Di India, kulit pisang sudah dikonsumsi selama puluhan tahun karena gizinya.  Supaya bersih dan mudah diolah, kulit pisang dicuci kemudian direbus sekitar 10 menit.  Kulit pisang yang sudah lembut ini kemudian bisa dijadikan bahan membuat smoothies atau campuran adonan kue.

Selain itu, kulit pisang bisa membantu membuat rebusan daging jadi empuk.  Rupanya kulit pisang bisa menjaga kelembapan pada daging dan membuatnya jadi lembut.

  1. Membersihkan Berbagai Benda

Sepatu sekolah  yang hitam, bisa “disemir” menggunakan kulit pisang.  Kulit pisang juga dianggap bisa membersihkan perabotan di dalam rumah.  Ini membuat benda bersih dan tidak meninggalkan bau.  Tanaman dalam rumah juga bisa dibersihkan dengan kulit pisang, karena kulit pisang bisa mengangkat debu.

  1. Menyuburkan Tanaman

Seperti bahan pupuk kompos lainnya, kulit pisang juga merupakan pupuk alami untuk tanah.  Kita hanya perlu mengubur pisang ke dalam tanah yang ingin kita tanami.  Kulit pisang juga bisa berfungsi untuk mengusir kutu daun.

  1. Meringankan Gatal

Kulit pisang juga mengandung zat anti peradangan. Oleh karena itu, kulit pisang bisa membantu mengatasi gatal karena gigitan serangga.  Sengatan matahari juga bisa diredakan menggunakan kulit pisang.

Editor : Della Cahaya

Follow Untuk Berita Up to Date