4 Jenis Rempah yang Baik Untuk Kesehatan

Koranmemo.com – Salah satu cara supaya kita memiliki umur yang panjang adalah dengan makan makanan yang bergizi dan baik untuk tubuh. Namun, tidak hanya jenis makanan saja yang bisa membuat tubuh sehat, tapi juga bumbu yang digunakan dalam masakan.

Biasanya, makanan yang kita makan ditambahkan dengan bumbu masakan, termasuk juga rempah-rempah. Menurut ahli gizi, semua rempah-rempah mengandung antioksidan yang baik untuk tubuh.  Namun, ada rempah-rempah tertentu yang memiliki manfaat khusus untuk meningkatk

  1. Lada Hitam

Makanan yang biasa kita makan seringkali menggunakan lada putih, walaupun ada juga beberapa masakan yang mengandung lada hitam.  Menurut penelitian, lada hitam merupakan bumbu yang baik untuk pencernaan kita.  Itu karena lada hitam mengandung alkaloid yang berfungsi untuk melancarkan proses pencernaan di tubuh kita.

Selain itu, lada hitam juga dikenal sebagai bumbu yang ramah jantung. Artinya, lada hitam baik untuk kesehatan jantung karena bisa menghilangkan kolesterol yang berlebih pada dinding jantung.

  1. Kayu Manis

Kayu manis diyakini bisa menurunkan kadar gula darah sehingga sangat baik ditambahkan sebagai bumbu makanan penderita diabetes.  Kayu manis juga baik untuk anak-anak seusia kita, karena kandungan pada kayu manis bisa membantu meningkatkan ingatan kita.  Selain itu, kayu manis juga mengandung zat yang bisa membuat kulit kita lebih bersih dan cerah.

  1. Jahe

Minum segelas air jahe hangat di pagi hari memang lezat dan tentunya menyehatkan, apalagi kalau sedang turun hujan. Menurut penelitian, jahe mengandung senyawa yang disebut gingerol yang bisa membantu mengurangi rasa sakit. Saat kita sedang tidak enak badan, minum segelas air jahe juga bisa membantu meredakan rasa mual. Jahe juga bisa memperkuat sistem kekebalan tubuh sehingga kita tidak mudah terserang penyakit.

  1. Kunyit

Rempah yang satu ini tidak hanya sering digunakan sebagai bahan masakan, tapi juga sebagai bahan obat-obatan.  Kunyit memang dikenal baik untuk kesehatan tubuh kita, mulai dari anak-anak sampai orang dewasa.  Itu karena kunyit mengandung curcumin yang bisa membantu meredakan peradangan dan infeksi.

Editor:  Della Cahaya Praditasari

Follow Untuk Berita Up to Date