328 Personel Polri Amankan Kegiatan PSHT

Sidoarjo, koranmemo.com – Polresta Sidoarjo menyiapkan 328 personel untuk mengamankan pelaksanaan kegiatan pengesahan anggota baru PSHT (Persaudaraan Setia Hati Terate) cabang di Sidoarjo. Kapolresta Sidoarjo juga melarang pemberangkatan simpatisan ke Madiun.

Hal tersebut dipaparkan Kapolresta Sidoarjo, Kombes Pol. Himawan Bayu Aji saat melakukan audiensi bersama pengurus perguruan silat PSHT di ruangan Bharadaksa. Senin, (18/09/2017).

Himawan menjelaskan dalam pemaparannya, kegiatan yang diinisiatif Polresta Sidoarjo ini berkaitan dengan rencana pelaksanaan pengesahan anggota PSHT. “Kita tahu bersama, pengesahan anggota pada saat ini juga akan dilakukan di beberapa kabupaten yang ada di Jawa Timur termasuk di Cabang Sidoarjo,” tegasnya.

Dikatakan, pengesahan anggota baru PSHT akan dipusatkan di Madiun. Namun cabang-cabang PSHT di Jatim juga akan melaksanakan hal serupa. Oleh sebab itu, untuk bisa berjalannya kegiatan ini di Sidoarjo dengan tertib dan lancar, pihaknya akan mengirimkan surat resmi kepada ketua cabang lain di luar Sidoarjo agar tidak hadir. ” Kita akan kirim surat secara reami ke Cabang PSHT di Surabaya, Gresik, Lamongan dan Mojokerto,” ujar Kapolresta saat memaparkan di hadapan pengurus dan anggota jajarannya yang hadir.

Selain itu, dalam kegiatan yang akan diselenggarakan di gedung tenis indoor GOR Sidoarjo pada malam Suro, pihaknya tidak ingin senior PSHT hadir. “Tujuannya meminimalisir keamanan massa. Agar tidak menimbulkan kerawanan, atau biasanya gampang terprovokasi jika massa berkumpul,” tambahnya.

Lebih lanjut, pihak kepolisian berharap agar calon anggota yang akan disahkan atau anggota yang lain agar tidak memakai atribut perguruannya dan menyepakati nota kesepahaman agar rombongan yang akan hadir untuk tidak menggunakan sepeda motor (R2).

Himawan sangat mengapresiasi kegiatan PSHT yang selama ini sudah menjadi acara rutinitas tahunan. “Anggota PSHT sudah menjalin komunikasi yang efektif dengan Polresta Sidoarjo selama ini, sehingga kami akan memberikan pelayanan kamtibnas yang terbaik bagi warga yang lain juga,” ucapnya.

Lebih jauh, kesiapan personil aparat keamanan dalam mengacu peristiwa pada 2 tahun yang lalu di Madiun, pihaknya akan menempatkan sejumlah personel pada titik-titik tertentu, baik dalam pengamanan di lokasi (venue) maupun pengamanan jalur menuju GOR tersebut. “Sebanyak 328 anggota yang akan kita siapkan dalam rangkaian acara yang akan dihadiri sekitar 400 orang. Dan kita juga sudah mengantisipasi apabila ada massa yang tidak terdata,” pungkasnya.

Reporter: Yudhi Ardian

Editor: Achmad Saichu

Follow Untuk Berita Up to Date

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.