31 Desa di Kabupaten Blitar Gelar Pilkades Serentak

Blitar,koranmemo.com – Sebanyak 31 desa dari 17 Kecamatan di Kabupaten Blitar, Selasa (9/10) menggelar pemilihan kepada desa (pilkades) serentak. Pesta demokrasi tingkat desa itu digelar lantaran masa jabatan kepala desa (kades) di desa-desa tersebut telah berakhir. Ada pula jabatan kepala desa yang lowong lantaran kades yang menjabat meninggal dunia.

Kepala Bagian Tata Pemerintah Kabupaten Blitar,  Suhendro Winarso mengatakan, berdasarkan laporan dan hasil pemantauan di lapangan,  saat ini persiapan desa yang akan menyelenggarakan pilkades sudah selesai. Sebelumnya para calon kades diberi waktu untuk kampanye dan mengakhirinya di masa tenang sebelum hari H.

“Persiapan sudah final dan saat ini berlangsung pilkades. Masing-masing desa sudah siap menggelar Pilkades setelah sebelumnya sesuai aturan ada masa kampanye dan mas tenang,” ungkap Suhendro.

Menurutnya, pelaksanaan sesuai dengan aturan yang ada proses pemungutan suara dimulai pukul 07.00 WIB – 13.00 WIB. Masyarakat diimbau untuk menyalurkan hak suaranya untuk menentukan pemimpin mereka yang baru.

Masing- masing desa, kata Suhendro, ada satu tempat pemungutan suara (TPS).  Lokasinya tergantung kesepakatan desa. Bisa di lapangan ataupun kantor desa. Menyesuaikan jumlah penduduk yang ada di desa tersebut.

“Setelah proses pemilihan nanti untuk proses penghitungan surat suara juga dilakukan dan diselesaikan pada hari itu juga,” paparnya.

Sementara itu Ratusan personel TNI dan Polri diterjunkan untuk mengamankan agenda Pilkades serentak ini. Polres Blitar  menerjunkan sebanyak 483 personel yang disiagakan di 23 desa.  Mereka akan dibagi di 23 desa dan posko. Di posko adak di-standby-kan satu peleton. Sedangkan di masing-masing desa akan ada 21 personel.

Sedangkan Polres Blitar Kota yang akan mengamankan 8 desa di lima kecamatan di wilayah barat Kabupaten Blitar menerjunkan sebanyak 259 personel.

Adapun 31 desa yang menggelar pilkades hari ini adalah Desa Kolomayan (Kecamatan Wonodadi), Desa Besuki (Kecamatan Udanawu), Desa Panggungduwet, Desa Kebonsari, Desa Sumberjo (Kecamatan Kademangan), Desa Bululawang, Desa Kedungbanteng (Kecamatan Bakung), Desa Ringinanyar, Desa Ponggok dan Desa Sidorejo (Kecamatan Ponggok).

Selanjutnya Desa Tumpang (Kecamatan  Talun), Desa Tulungrejo, Desa Soso, Desa Gandusari (Kecamatan Gandusari), Desa Slorok, Desa Plumbangan, Desa Sumberurip (Kecamatan Doko), Desa Siraman (Kecamatan Kesamben), Desa Tegalrejo (Kecamatan Selopuro), Desa Banjarsari,  Desa Sumberagung dan Desa Sidomulyo (Kecamatan Selorejo).

Kemudian Desa Sumberrejo, Desa Jeding (Kecamatan Sanankulon), Desa Sumberboto (Kecamatan Wonotirto), Desa Krenceng (Kecamatan Nglegok), Desa Kuningan (Kecamatan Kanigoro), Desa Pojok (Kecamatan Garum). Desa Margomulyo, Desa Sumbersih dan Desa Belerejo (Kecamatan Panggungrejo).

Reporter: Arief Juli Prabowo

Editor: Della Cahaya

Follow Untuk Berita Up to Date