272 Peleton Ikuti LBB

Kediri, koranmemo.com – Ribuan siswa sekolah dasar (SD) sederajat baik negeri maupun swasta, mengikuti Lomba Baris Berbaris (LBB) di Kota Kediri terdiri dari 272 peleton, Rabu (11/9). Selain di Kecamatan Mojoroto, LBB juga dilaksanakan secara serentak di dua kecamatan lainnya, di antaranya Kecamatan Pesantren dan Kecamatan Kota Kediri.

Kabid Pembinaan Pendidikan Dasar Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Kediri, Ibnu Qoyim mengatakan, LBB yang dilaksanakan serentak di tiga kecamatan ini untuk memperingati Hari Kemerdekaan ke-74 Republik Indonesia (RI). “Ini dilaksanakan dalam rangka memperingati HUT RI. Tiap kecamatan, rute dan jumlah pesertanya berbeda,” jelasnya.

Rute yang ditempuh peserta, lanjutnya, rata-rata sejauh 3,5 kilometer, jarak tersebut disesuaikan dengan kondisi siswa. Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, tiap peleton didampingi oleh para pembina dari sekolah masing-masing, serta ada satu unit mobil ambulan yang mengiringi sepanjang rute tersebut.

Sedangkan untuk jumlah peserta, di Kecamatan Mojoroto sebanyak 104 peleton, terdiri dari 52 peleton putra dan 52 peleton. Kecamatan Pesantren sebanyak 80 peleton terdiri dari 40 peleton putra dan 40 peleton putri, serta Kecamatan Kota sebanyak 88 peleton terdiri dari 44 peleton putra dan 44 peleton putri.

Menurut Ibnu, dengan menyelenggarakan LBB ini, diharapkan dapat memupuk rasa patriotisme, nasionalisme, dan menghargai jasa para pahlawan yang memperjuangkan kemerdekaan RI. “Karena, bangsa yang besar itu bangsa yang menghargai jasa para pahlawannya. Jangan sampai generasi muda, melupakan perjuangan para pahlawannya,” tuturnya.

Ibnu mengatakan, kedisiplinan salah satu hal terpenting bagi siswa supaya sukses mengikuti kegiatan belajar mengajar (KBM). Dengan disiplin, siswa dapat menerima materi pelajaran dengan baik. “Mereka di kelas lebih fokus, karena siswa terbiasa disiplin terhadap waktu, terhadap tanggung jawab sebagai murid, dan disiplin dengan guru kelas,” imbuhnya. (Adv)

Reporter : Okpriabdhu Mahtinu
Editor Achmad Saichu

Follow Untuk Berita Up to Date