220 Desa Terima Pencairan Dana Desa

Blitar,koranmemo.com – Setelah seluruh desa dapat memenuhi persyaratan yang dibutuhkan untuk mencairkan Dana Desa (DD), sebanyak 220 desa dari 22 Kecamatan yang ada di Kabupaten Blitar akhirnya dapat menerima Dana Desa (DD).

Kasi Bantuan Pembangunan Desa Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Blitar, Muhammad Taufik, pencairan Dana Desa (DD) tahap pertama sudah dilakukan serentak pada 24 April 2018 lalu.  “Untuk tahap pertama ini, pencairan dilakukan sebesar 20 persen”, kata Muhammad Taufik, Rabu (16/5).

Lebih lanjut Taufik menyampaikan, waktu pencairan sudah sesuai dengan aturan. Tahap pertama dilakukan antara Januari sampai Juni minggu ketiga sebesar 20 persen. Tahap kedua pada Maret sampai minggu keempat bulan Juni sebesar 40 persen. Sedangkan tahap ketiga dicairkan antara Juli sampai September 2018 sebesar 40 persen.

Menurut Taufik, besaran penerimaan DD tiap desa berbeda-beda. Namun rata-rata berkisar antara Rp 600 – 800 juta. Sedangkan total anggaran DD yang diterima Pemerintah Kabupaten Blitar tahun ini sebesar Rp 163.105.009.000.

“Ada satu desa yang menerima DD Rp 1 miliar lebih. Yaitu Desa Sidorejo Kecamatan Ponggok. Ini memang karena luasnya wilayah dan juga kondisi desanya yang masih membutuhkan DD yang besar”, jelasnya.

Taufik menambahkan, untuk saat ini pihaknya sedang menyiapkan administrasi untuk persiapan DD tahap kedua.

Sementara, Alokasi Dana Desa (ADD) di Kabupaten Blitar tahap pertama juga sudah cair semuanya. Terkahir, pencairan dilakukan untuk 2 desa pada 3 Mei 2018 kemarin. Sementara jumlah total ADD di Kabupaten Blitar tahun ini sebesar Rp 119.303.403.900.

Reporter : Arief Juli Prabowo

Editor : Della Cahaya P

Follow Untuk Berita Up to Date