200 CJH Lansia Ajukan Percepatan Pemberangkatan

Blitar, koranmemo.com – Sebanyak 200 calon jamaah haji (CJH) berusia lanjut atau lansia Kabupaten Blitar mengajukan percepatan pemberangkatan tahun ini. Kendati demikian, Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Blitar, tidak berani menjamin semua permohonan percepatan CJH lansia untuk bisa berangkat tahun ini akan dikabulkan.

Kasi penyelenggara haji dan umrah (PHU) Kemenag Kabupaten Blitar, Syaikul Munib mengatakan, 200 CJH yang mengajukan percepatan keberangkatan ibadah haji itu terdiri dari CJH lansia, pendamping lansia, serta penggabungan suami istri dan mahram.

“Kami menunggu info dari Kemenag Provinsi Jawa Timur terkait berapa kuota yang diberikan untuk CJH asal Kabupaten Blitar yang mengajukan permohonan percepatan,” katanya.

Menurutnya, berdasarkan pengalaman tahun sebelumnya, jumlah kuota yang diberikan untuk CJH lansia atau yang mengajukan permohonan percepatan keberangkatan sekitar 120 orang. Namun, untuk tahun ini pihaknya masih belum tahu.

Meski demikian, pihaknya tetap memberikan sosialisasi kepada mereka yang mengajukan percepatan untuk segera melengkapi persyaratan, mulai dari administrasi untuk pengurusan paspor, pelunasan biaya penyelenggaraan ibadah haji (BPIH) hingga kesehatan. Hal ini dilakukan untuk mempermudah ketika pemohonan mereka terkait percepatan keberangkatan disetujui.

“Tapi, CJH harus memahami bahwa persiapan yang mereka lakukan tidak menjamin bisa berangkat tahun ini. Jika kuotanya kurang dari 200, maka ada puluhan CJH yang tidak bisa berangkat tahun ini. Meski telah mengajukan permohonan percepatan,” tegas Munib.

Reporter : Arief Juli Prabowo

Editor : Della Cahaya

Follow Untuk Berita Up to Date