20 Bakal Cakades di Tiga Desa Ikuti Seleksi Tambahan

Ngawi, koranmemo.comSebanyak tiga desa di Kabupaten Ngawi mengikuti seleksi tambahan bakal calon kepala desa (Cakades)   untuk mengikuti pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak 2019, Senin (27/5).

Seleksi digelar di lantai 2 Setda Pemkab Ngawi tersebut, diikuti 20 bakal calon kades dari Desa Jagir,  Kecamatan Sine sebanyak 6 orang, Desa Kauman Kecamatan Sine 7 orang dan Desa Giriharjo Kecamatan Ngrambe 7 orang.

Kepala Dinas Permberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) menjelaskan, kegiatan seleksi tambahan bagi desa yang mempunyai bakal cakades lebih dari 5 peserta, untuk menentukan 5 peserta yang akan dipilih pada pilkades serentak 29 Juni nanti.

Menurutnya, seleksi tambahan ini sudah sesuai dengan peraturan Bupati (Perbup) Nomor 23 Tahun 2017 tentang Peraturan pelaksanaan peraturan daerah Kabupaten Ngawi Nomor 1 Tahun 2015 tentang Kepala Desa sebagaimana telah diubah dengan peraturan Bupati Ngawi Nomor 8 Tahun 2019.

“Diharapkan dengan seleksi tambahan ini agar yang lolos jangan sombong dan yang kalah harus legowo, agar pilkades berjalan dengan aman dan lancar,” katanya.

Salah satu peserta bakal calon Kades Himawan Guntoro dari Desa Giriharjo mengatakan seleksi tambahan ini sudah dilakukan secara transparansi. Sebab, untuk soal diundi secara bersama-sama.

 “Selain itu untuk soalnya dikerjakan bersama- sama dan langsung dikoreksi bersamaan dan menurut saya cukup jujur dan adil dalam hal ini. Untuk soal sendiri tidak begitu sulit dan sudah memenuhi standart,” terangnya.

Reporter Dika Abdilah/Juremi

Editor Achmad Saichu

Follow Untuk Berita Up to Date